Puluhan Siswa SDN 001 Balikpapan Kota Ikuti Kegiatan Mencanting 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan mencanting yang dilaksanakan di  Gedung Batik Tenun dan Bordir (Batebor), Sepinggan pada Rabu (20/07/2022). 

Pelatihan dilakukan mulai pukul 14.00 wita sampai dengan 16.00 wita dengan pembinaan oleh Ibu Eka Rahayu Sudiar dari E-Batik Borneo (Ebabon).

Menurut Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, Rosdiana, tentunya adanya pelatihan mencaing bagi siswa siswi ini, guna memperkenalkan batik dan pelatihan ini menyasar pada anak anak usia dini.

“Adapun pelatihannya dimulai dari proses yang dilakukan mulai dari menggambar pola, mencanting dan mewarnai,” ujarnya.

Lanjut Rosdiana, diharapkan pelatihan ini dapat mengenalkan dan mempelajari proses mencanting pada anak sejak dini yang dapat mengembangkan kreatifitas. Bukan hanya itu,  pelatihan ini juga untuk melestarikan budaya bangsa.

“Batik harus dikenalkan sejak dini sehingga akan menjadi tren anak muda tidak hanya pada acara resmi,” ujarnya. Kegiatan pelatihan pada siswa ini menggandeng Dekranasda Balikpapan. 

Kegiatan ini diikuti antusias oleh siswa siswi SD 001 apalagi mewarnai juga bagian dari keseharian siswa saat mengikuti kegiatan pra karya atau seni. pelatihan ini bagian memperkenalkan batik termasuk prosesnya kepada usia dini sehingga mereka bukan hanya mengetahui cara saja tapi dapat mencintai hasil karya anak bangsa.

Comments

comments

Baca juga ini :  Presiden Minta Daerah Percepat Vaksinasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.