Raih CSR AWARD Kukar, PHKT Komitmen Lanjutkan Program Pendampingan

KUTAI KARTANEGARA, Inibalikpapan.com — PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) kembali meraih penghargaan pada penganugerahan Kukar CSR Award dan LKPM Award III Tahun 2020.

PHKT berhasil meraih penghargaan CSR AWARD Kutai Kartanegara kategori Biosphere Award dari Program Unggulan Sekolah Sehat Berwawasan Lingkungan di Kecamatan Marangkayu. Penghargaan tersebut diserahkan langsung ole Edi Damansyah- Bupati Kutai Kartanegara dan diterima oleh Dharma Saputra- Assistant Manager CSR PHKT.

Pjs Manager Relations PHKT– Mira Tri Puspita mengatakan Program Sekolah Sehat Berwawasan Lingkungan di Kecamatan Marangkayu merupakan kegiatan terpadu Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan. PHKT memiliki tujuan memberdayakan setiap siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah untuk melakukan pola hidup sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat yang berwawasan lingkungan.

Program ini sudah berjalan sejak Mei 2019 di SMPN Satu Marangkayu dengan bentuk pendampingan kegiatan.

“Kegiatannya antara lain penambahan enam toilet putra/putri, septic tank, pembuatan saluran air, sumur biopori, penanaman 50 pohon buah,15 pasang tempat sampah terpilah basah-kering, dan komposter 12 buah. PHKT juga lakukan pelatihan bagi kader UKS seputar pengetahuan PHBS, pengelolaan sampah organik dan anorganik, serta studi banding ke beberapa sekolah Adiwiyata di Balikpapan,” kata Mira menyebutkan.

Mira mengatakan SMPN Satu Marangkayu telah dijadikan model sekolah percontohan untuk Program Pembinaan Sekolah Sehat dalam hal sarana-prasarana, program pengelolaan sanitasi, kantin sekolah, ruang UKS dan pengelolaan sampah. Penerima manfaat dari program ini adalah sebanyak 300 siswa SMPN satu Marangkayu, 25 pendidik, penjaga/komite sekolah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Camat, Kepala Desa dan tokoh Masyarakat di Marangkayu.

“Renstra lima tahun Program CSR PHKT yaitu memberikan pendampingan pembuatan kurikulum berbasis lingkungan, penanaman TOGA dan pendampingan Lomba Sekolah Sehat. PHKT juga mengupayakan sekolah mampu melakukan duplikasi program sejenis di wilayah Kecamatan Marangkayu,” kata Mira.

Baca juga ini :  IRT Klaster Keluarga Trasmisi Lokal di Balikpapan Capai 12 Kasus

Mira Tri Puspita mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara atas dukungannya terhadap program CSR yang dijalankan oleh PHKT. PHK pun komitmen untuk melanjutkan program CSR pada SMPN Satu Marangkayu yang tertuang dalam rencana strategis (Renstra) lima tahun kedepan. Termasuk juga memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah untuk program bidang ekonomi dan sosial.

Ia berharap seluruh program yang dijalankan PHKT dapat bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, khususnya bagi masyarakat Kutai Kartanegara.

“PHKT terus berupaya menjalankan program-program CSR dan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. PHKT akan terus membangun kemitraan yang aktif dalam memenuhi harapan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi kami,” kata Mira lagi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.