Rakernas Apeksi XV,  Balikpapan Usulkan Berbagai Program

PADANG,Inibalikpapan.com – Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV tahun 2022 dibuka pada Senin (8/8/2022) pagi di Hotel Truntum Padang oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Rakernas kali ini bertema “Kota Kita Bangkit: yang Maju yang Bersinergi”. Bertujuan untuk penguatan koordinasi dan sinergi seluruh kepala daerah demi kebangkitan ekonomi Pasca Pandemi COVID-19 yang terjadi lebih dari dua tahun terakhir.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Zulkifli Hasan menyampaikan beberapa pesan kepada para Wali Kota. Yakni dirinya berharap kepada Apeksi dapat membawa Indonesia go internasional.

“Selain itu Wali Kota juga berperan dalam menjaga stabilitas kersediaan bahan pangan. Kemudian saatnya stabilitas politik kita jaga,” tuturnya.

Sebanyak 95 orang Wali Kota hadir dalam Rakernas Apeksi 2022 yang berlangsung mulai 7 sampai 10 Agustus 2022. Para Wali Kota juga mengikuti sejumlah agenda yang digelar dalam rangkaian Rakernas Apeksi 2022.

Antara lain meninjau lokasi penyelanggaraan Indonesia City Expo (ICE) 2022 di RTH Imam Bonjol, juga stand kota yang ada di lokasi tersebut.

Kemudian juga dilaksanakan City Tour di kawasan sekitar Sungai Lareh. Agenda lalu berlanjut dengan penanaman pohon di areal Agrowisata Sungai Lareh hingga menghadiri peresmian tugu Apeksi di dalam areal Kantor Wali Kota Padang.

Dari Pemerintah Kota Balikpapan, hadir mewakili Wali Kota Rahmad Mas’ud, Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Syaiful Bahri didampingi Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo serta Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ratih Kusuma.

Dalam kesempatan ini Asisten Syaiful Bahri mengungkapkan, kegiatan bertujuan antara lain meliputi tiga hal. Pertama pameran, atau Indonesia City Expo, pawai budaya, dan Rakernas itu sendiri.

Baca juga ini :  Pertamina Gelar Pelatihan Kantin Sehat di SD 006 Balikpapan Kota

“Tadi dibuka Pak Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Intinya bagaimana kita bisa bangkit pasca pandemik COVID-19,” tuturnya.

Pada Rakernas ini juga ditentukan tuan rumah tahun mendatang dan program atau usulan dari masing-masing kota. usulan ini dikumpulkan oleh Apeksi untuk diteruskan kepada pemerintah pusat.

“Usulan ini sudah dipersiapkan tiap perwakilan pemerintah kota, termasuk Balikpapan. Jadi termasuk kita sudah sampaikan apa yang diusulkan,” tandasnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.