Ratih
Kepala Disporapar Balikpapan, Ratih Kusuma

Ratih : Bukan Dari Jumlah, Buat Wisata Bermutu dan Berkualitas

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian warga yakni dengan menyiapkan lokasi wisata baru yang berbeda dari yang lain. Hal ini yang dilakukan oleh pengelola Hendrawisata Pesona Mangrove yang berlokasi di Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan Ratih Kusuma mengatakan, Pemkot memberikan apresiasi adanya destinasi wisata yang ada di kelurahan Batu Ampar ini. 

“Wisata ini bisa ekokultural terkait mangrove dan tanaman, adanya susur teluk dengan berjalan, membuat pengunjung mendapatkan edukasi dengan apa yang kita buat. Jangan lupa keinginan pungunjung rata-rata mereka ingin melihat sunset dan sunrise bisa dibuat viewnya,” kata Ratih Kusuma, Rabu (12/10/2022).

Kata Ratih, buatlah wisata yang berbasis dari masyarakat berkelanjutan serta bermutu, jadi bukan jumlahnya tapi berkualitas, bagaimana masyarakat yang datang nyaman dan selalu mengendepankan sapta pesona diantara, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

“Kami selaku Disporapar sebagai mitra kerja dengan pelaku wisata harapan kami bisa mengajak masyarakat sekitar bagaimana meningkatkan UMKM, ketika berwisata ada UMKM yang disuguhkan,” akunya.

“Termasuk membentuk kelompok sadar wisata berbasis masyarakat yang dibina, apalagi menyambut IKN diharapkan kita semua jadi pelaku di Kota sendiri, ciptakan inovasi kreasi, sehingga wisata kita tidak kalah dengan kota lainnya,” tukasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Abdul Majid mengatakan, wisata bahari yang ada di teluk kota Balikpapan sangat berpotensi untuk menarik wisatawan lokal mau luar daerah. Sehingga bisa menambah PAD kota Balikpapan.

“Saat ini pihaknya tengah melakukan pengurusan izin kapal, pembuatan dermaga atau pelabuhan untuk kapal yang nantinya akan mengangkut wisatawan,” katanya.

Ia menjelaskan, nantinya wisatawan juga dapat melihat berbagai macam satwa apa saja yang ada disepanjang teluk balikpapan, saat melakukan wisata bahari. Pihaknya juga berencana akan bekerjasama dengan investor untuk mengembangkan wisata bahari yang ada di kota Balikpapan.

Baca juga ini :  IRT yang Tenggelam di Sungai Mahakam Akhirnya Ditemukan

Dia menerangkan, sebagai penyangga ibu kota negara (IKN) pihaknya juga harus menyiapkan sarana untuk tempat wisata, hal itu untuk masyarakat lokal maupun luar daerah. Sehingga kota Balikpapan dapat di kenal melalui wisatanya, khususnya wisata bahari.

“Jadi nanti kita akan melakukan ujicoba terlebih dahulu, sebelum diperkenalkan kepada wisatawan. Sehingga nanti kita akan menyusuri teluk Balikpapan dengan menggunakan kapal. Ujicoba ini akan kita lakukan dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Menurutnya, kapal yang akan digunakan untuk ujicoba ini, akan menampung sebanyak 60 penumpang. Namun saat ini kapal yang akan digunakan akan untuk ujicoba masih berada di Makassar.

“Untuk waktu perjalanan untuk wisata bahari ini, diperkirakan kurang lebih dua jam setengah, pulang dan pergi,” pungkasnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.