Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Rizal: Pimpinan OPD yang Masih Kosong, Dilantik Walikota yang Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Meski jelang berakhirnya masa jabatan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi telah melantik sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Namun, beberapa OPD yang saat ini masih dipimpin oleh Pejabat tugas (Plt), akibat sebelumnya pejabat itu memasuki masa pensiun atau meninggal dunia.

“Ada beberapa pimpinan OPD yang memang belum sempat dilantik, kemungkinan Wali Kota Balikpapan yang baru akan melanjutkan prosesnya,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada awak media, Selasa (23/2/2021).

Terkait pelantikan hari ini, meski masa jabatan Wali Kota Balikpapan tersisa 3 bulan lagi, Rizal mengaku sudah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri dan sesuai Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 menegaskan kepala daerah tidak boleh melakukan mutasi enam bulan sebelum penetapan calon terpilih sampai berakhirnya masa jabatan, kecuali mendapatkan izin tertulis dari Mendagri.

“Izin tertulisnya sudah kami terima di bulan Februrai ini,” akunya.

Meski begitu tahapannya sudah dilakukan sejak Maret 2020 lalu, karena prosesnya cukup panjang dan masih pandemi Covid-19 maka sempat. tertunda.

“Tidak sebentar prosesnya, setelah izin keluar dari Mendagri kemudian dikirim melalui Gubernur, selanjutnya Gubernur membuatkan lagi surat perintah pelantikan, jadi tidak serta merta begitu keluar langsung dilantik,” jelasnya.

Rizal menambahkan, nantinya pejabat yang saat ini baru dilantik kemungkinan tidak akan bisa digantikan selama dua tahun kedepan.

“Kalau setahu saya tidak bisa diganti, kecuali ada hal lain seperti meninggal dunia dan tersangkut kasus,” aku Rizal.

Untuk diketahui saat ini sejumlah kepala OPD masih dijabat oleh pelaksana tugas diantaranya, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Seketaris DPRD, Kesbangpol.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Hari Ini Vaksinasi Pelayanan Publik Dilanjutkan, Besok Giliran Lansia di Dome

BALIkPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan kembali melanjutkan proses vaksinasi Covid-19 bagi pemberi jasa pelayanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.