Home / iniFLASH / RMC Salurkan Zakat Bagi 40 Ribu Kepala Keluarga di Balikpapan
Rahmad Mas'ud saat menyerahkan zakat secara simbolis kepada warga yang membutuhkan

RMC Salurkan Zakat Bagi 40 Ribu Kepala Keluarga di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Keluarga besar Rahmad Mas’ud, melalui Yayasan Rahmad Mas’ud Ceter (RMC) menyalurkan zakat bagi kepada sekitar 40-an ribu kepala keluarga (KK) yang tak mampu dan terdampak pandemi covid-19.

Kegiatan tersebut, merupakan kegiatan  rutin yang selalu digelar keluarga besar Rahmad Mas’ud dalam beberapa tahun terakhir. Namun tahun ini, jumlah penerima zakat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, karena covid-19.

Rahmad Mas’ud ditemani istri, meninjau sekaligus membagikan secara simbolis zakat di Kelurahan Manggar Balikpapan Timur maupun di Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Minggu 10/05) pagi.

“Jumlahnya mungkin agak sedikit bertambah dari tahun-tahun kemarin sekitar 40-an KK dari tahun kemarin 30-an ribu KK yang terdata melalui RT masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, untuk penyaluran zakat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kini tengah wabah covid-19 dan sesuai anjuran Pemerintah tidak boleh warga berkumpul dalam jumlah yang besar untuk mencegah penularan.

“Dimana setiap tahun kita membagikan di tempat-tempat tertentu seperti di masjid atau di aula-aula dan mereka berkumpul, tapi tahun ini agak sedikit berbeda karena ada pandemic corona ini mereka dibagi melalui RT-RT satu per satu,” ujarnya.   

“Karena kita mentaati juga regulasi dari Pemerintah untuk dilarang berkumpul yang banyak, mereka ini dibagi satu per satu, tapi tentunya mereka ini diminta jaga jarak,”

Pihaknya juga melibatkan petugas mengawal pembagian yang dilakukan di RT masing-masing, sehingga tertib. “Mudah-mudahan bermanfaat. Ini zakat keluarga besar kami yang setiap tahun kami salurkan, sekarang ditengah wabah ini,” ujarnnya.

Dia menargetkan, pada 20 hari Ramadhan pembagian zakat sudah tuntas, karena pembagian untuk Balikpapan Utara juga sudah selesai. “Hari ini di Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat bersamaan. Kita bagi agak cepat kemarin, karena supaya jangan menumpuk nanti pembagian,” ujarnya.

“Balikpapan Timur semua kelurahan, jadi semua tim-tim dari RMC ini bergerak di RT masing-masing yang dibantu RT-RT yang mendata warganya. Saya harap ini cepat selesai kita,”

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Balikpapan juga menyalurkan bantuan sembako selama 4 bulan bagi warga yang terdampak covid-19. “Jadi bagi warga yang tertdampak nanti bisa daftar melalui RT masing-masing, Insya Allah pasti dapat nanti,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Tak Sepakat Diberlakukan Kembali Pembatasan, Minta Semua Sektor Usaha Dibuka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota tak memberlakukan pembatasan kembali. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.