Sadar akan Kondisi Kota Balikpapan, Walikota Rizal Teruskan PPKM Mikro

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan melihat Penerapan Pembelakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di kota Balikpapan sangat efektif, bahkan sekarang sudah diperpanjang kembali hingga sudah yang ketiga kalinya.

“Sesuai instruksi presiden yang meminta PPKM skala kota itu di alihkan ke PPKM mikro di Jawa dan Bali, tapi kita di Balikpapan langsung ikut menerapkan PPKM mikro skala lingkungan RT, walaupun pada saat itu belum ada instruksi,” ujar Rizal Effendi kepada awak media, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan Rizal, Kota Balikpapan saat ini sudah melaksanakan PPKM mikro dan kota, dan sudah diperpanjang untuk yang ketiga kalinya.

“Kami cepat mengantisipasi karena kita menyadari Balikpapan itu tertinggi di kaltim untuk angka terkonfirmasi positif Covid-19 nya, sehingga ada instruksi atau tidak kita sudah melaksanakan PPKM Mikro, bahkan ini sudah perpanjangan yang ketiga,” akunya.

Bahkan PPKM mikro ini sangat terasa dan membantu, jika dulu Satgas kota dulu yang sibuk mendata warga Covid, sekarang dengan PPKM mikro para ketua RT, Lurah, Camat dilibatkan terutama dalam ikut mendata mereka yang terkonfirmasi positif sehingga bisa diketahui apakah lingkungan RT nya masuk zona hijau, kuning, orange atau merah.

“Kami melihat dengan PPKM mikro juga menekan angka penambahan terkonfirmasi Covid-19 di Balikpapan, dan kepedulian antar sesama mulai terlihat, jika dulu mereka yang terkonfirmasi positif dicap negatif di lingkungannya, maka sekarang berbeda warga bahu membahu membantu warga terkonfirmasi positif yang isolasi mandiri di rumahnya diberi bantuan seperti menyiapkan makan dan keperluan lainnya,” tutup Walikota Balikpapan dua periode ini.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ini 10 Pejabat dan Tokoh Agama yang akan Disuntik Vaksin Covid-19 Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.