Safari Ramadan di Masjid Darul Ibadah, Ingatkan Prokes Meski Balikpapan Status PPKM Level 1

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pelaksanaan safari ramadan1443 hijriah atau 2022 masehi kembali dilaksanakan, kali ini di gelar di Masjid Darul Ibadah RT 18 Baru Ulu, Balikpapan Barat pada Kamis malam (14/4/2022).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang diwakili Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin dalam sambutannya memberikan, apresiasi kepada jajaran pengurus dan warga sekitar Masjid Darul Ibadah yang sudah berkenan menerima rombongan safari ramadan Pemkot Balikpapan untuk bersilaturahmi. 

“Dengan safari ini sekaligus menjadi sarana mempererat antara Pemkot dan warganya guna mewujudkan pembangunan yang efektif dan efisien serta berkesinambungan demi kebutuhan masyarakat,” ujar Muhaimin. 

Lanjut Muhaimin, sesuai instruksi dari Kemendagri yang terbaru, dimana menempatkan Kota Balikpapan saat ini berstatus PPKM level 1, artinya sejumlah kegiatan sudah bisa diberikan kelonggaran seperti PTM yang sudah bisa 100 persen, dan kapasitas perkantoran hingga rumah ibadah boleh 100 persen. 

“Namun, kami meminta untuk tetap mentaati prokes 5M, dan dosis vaksinasi dilengkapi hingga booster, serta penggunaan aplikasi peduli lindungi tetap diterapkan,” kata Muhaimin. 

“Kami juga mengimbau umat muslim yang akan melaksanakan salat isya dan tarawih di Masjid, dapat memastikan keamanan tempat tinggal masing-masing sebelum berangkat ke masjid,  hal ini mencegah potensi kriminalitas dan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran,” tambahnya. 

Sementara itu, KH Muhammad Abbas dalam tausiahnya menyinggung bulan ramadan yang penuh berkah dan hikmah, sehingga segala amal berbuatan yang baik akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat, namun jangan sampai ada ibadah yang disia-siakan.

“Kita didunia ini agar memanfaatkan untuk bekal di akhirat, karena apa yang kita lakukan akan dipertanggung jawaban dihadapan Allah SWT,” ujar Abbas. 

Bahkan ada satu golongan yang mana di surga tidak diterima, apalagi di akhirat dan rasul tidak mau ketemu dengannya, serta tidak akan mendapat safaat nabi.

Baca juga ini :  Persiba Boyong Dua Pemain PS Pati

“Mereka ini yang durhaka kepada orang tuanya dan tidak meridhoinya, bagaimana pun ibadah yang dijalankan oleh anak tersebut,” kata Abbas. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah bantuan dari Pemkot Balikpapan kepada pengurus Masjid Darul Ibadah. 

Ditempat terpisah Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Zulkifli juga mengingatkan untuk melengkapi vaksinasi bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman yang sudah dua tahun ini tidak bisa dilakukan karena terkendali pandemik Covid-19.

“Silakan mudik dengan syarat vaksin harus lengkap termasuk boosternya, dan tetap patuhi prokes,” tutup Zulkifli.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.