Seketariat DPRD Balikpapan, Beri Fasilitas Siswa SMK Mewakili Kaltim di Kegiatan Parlemen Remaja

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Siswa SMK Airlangga Balikpapan bernama Achmad Bagus Syaifullah (17) berkesempatan mengikuti even nasional tingkat pelajar Parlemen Remaja DPR RI selama 5 hari secara virtual yang digelar Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR RI.

Dalam mengikuti kegiatan Parlemen Remaja DPR RI ini, Achmad Bagus Syaifullah difasilitasi oleh Sekretariat DPRD Balikpapan, di bawah bimbingan langsung Plt Sekwan DPRD Balikpapan, Irvan Taufik di Gedung DPRD Balikpapan.

Kegiatan yang dikemas dalam rapat khusus ini diikuti seluruh peserta dengan sejumlah pemateri rapat tingkat nasional mengambil tema pembahasan tentang Undang-Undang Penyiaran.

“Motivasi mengikuti kegiatan Parlemen Remaja DPR RI ini tak lain untuk mencari hal baru, serta menambah pengetahuan semasa muda untuk bekal di masa depan,” kata Achmad Bagus Syaifullah saat ditemui di Kantor DPRD, Selasa (14/9/2021).

Menurut Achmad kegiatan politik Parlemen Remaja DPR RI ini adalah kali pertama diikuti. Tujuannya, ke depan sebagai upaya menambah wawasan dan relasi di masa depan. Apalagi dari keluarganya tidak satupun yang terjun dalam bidang politik ini. Dan dirinya berharap ke depan bisa mempelajarinya.

“Difasilitasi oleh Sekretariat DPRD Balikpapan, karena keterbatasan fasilitas yang saya miliki, seperti laptop, internet, tempat serta lainnya. Setelah mengajukan permohonan bantuan ke DPRD Balikpapan, Alhamdulillah Sekretariat DPRD Balikpapan bisa memfasilitasinya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, menjadi peserta Parlemen Remaja DPR RI ini cukup berat. Pasalnya, dia harus bersaing dengan 5.438 pelajar se-Indonesia, khususnya dalam tahap seleksi.

“Dari 5.438 peserta di 80 daerah pemilihandi 34 provinsi di Indonesia, setelah dilakukan seleksi terpilih 131 peserta dengan nilai terbaik di masing-masing provinsi. Di Kalimantan Timur ada dua peserta yang lolos seleksi hingga berhak mengikuti kegiatan ini,” terang Achmad.

Baca juga ini :  Rizal : Hasil Supervisi Tak Semua RT bisa Menyiapkan Rumah Isolasi

Selain dirinya, satu delegasi asal Kaltim yang mengikuti kegiatan ini adalah Arya Ramadhan Pratama, pelajar asal Kabupaten Berau. Lebih lanjut, kata Achmad, Parlemen Remaja DPR RI ini dilaksanakan secara virtual selama 5 hari dari Senin 13 September hingga Jumat 17 September 2021, mulai pukul 08.00-7.00 Wita

“Harapan saya, kita juga difasilitasi dan diberikan kesempatan berkunjung ke DPR RI di Jakarta, seperti peserta-peserta lain sebelum pandemi Covid-19 melanda tanah air. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan saya hingga ke DPR RI,” harapnya.

Sementara itu, Plt Sekwan DPRD Balikpapan Irvan Taufik mengatakan, ini pertama kalinya kegiatan Kesekretariatan DPR RI, yakni memberikan kesempatan kepada pelajar tingkat SMA di seluruh Indonesia untuk mengikuti even nasional bertajuk Parlemen Remaja DPR RI.

“Kebetulan Balikpapan ada 1 orang yang lolos seleksi. Karena yang bersangkutan tidak mempunyai fasilitasnya, maka Sektretariat DPRD Balikpapan memberikan fasilitas seperti laptop, internet, tempat, serta fasilitas lainnya,” ujar Irvan Taufik.

Hal itu dilakukan Sekretariat DPRD Balikpapan karena berkaitan dengan kegiatan kedewanan.

“Paling tidak kita punya satu orang yang sudah memahami pekerjaan seorang anggota DPRD diusia remaja. Makanya kita membantu dia dengan memberikan fasilitasnya,” tutup Irvan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.