Selama Libur Lebaran, Dokter Praktek BPJS Harus Lapor

dkk balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengingatkan kepada Dokter Praktek yang melayani BPJS Kesehatan baik Dokter Umum dan Dokter Gigi diminta pada saat libur lebaran dan ingin tutup, diminta untuk berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan terkait bagaimana penanganan pasien yang fasket tingkat satu di Dokter Praktek. 

“Jadi faskes tingkat satu atau Pemberi Pelayanan Kesehatan Satu (PPK1) nya di puskesmas maupun di dokter praktek sore, dan bagaimana rujukan kerumah sakit itu telah dikordinasikan semua ke BPJS,” ujar Andi Sri Juliarty kepada media, Sabtu (30/4/2022).

Dio biasa Andi Sri Juliarty disapa menambahkan, untuk itu pihaknya meminta kepada seluruh tempat dokter praktek yang bekerja sama dengan BPJS harus melaporkan kepada BPJS. 

“Dia tutup mulai kapan dan sampai kapan kemudian dialihkan kemana,” aku Dio. 

Dicontohanya, seperti apotek yang dia kelola yang juga merupakan provider BPJS yakni apotek Kanida Farma yang dimana mulai tutup pada Senin nanti. Maka diapun memberi laporan kepada BPJS dan memasang pengumuman di tempat praktek bahwa pelayanan BPJS dialihkan ke Puskesmas terdekat yang buka 24 jam yakni Puskesmas Klandasan.

“Jadi semua dokter praktek BPJS yang memang tutup itu mohon memasang pengumuman pengalihannya ke mana, jangan sampai pasien menjadi bingung kartu BPJS saya di sini tapi ternyata tutup,” tegasnya.

Tak hanya kepada BPJS, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan rumah sakit dimana ia meminta agar pihak rumah sakit juga tetap berjaga-jaga.

“Kami sudah komunikasi juga dengan rumah sakit seperti ruang Unit Gawat Darurat (UGD) agar tetap melakukan pelayanan. Apalagi kalo kondisi emergency semua harus dilayani jangan sampai mutar sana mutar sini, tapi itu (emergency,red) harus memenuhi keriterianya. Nanti itu setelah diperiksa baru diketahui,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.