Telkomsel

Selama Nataru Telkomsel Mencatat Terjadi Lonjakan Akses Media Sosial Hingga 11,9 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Selama Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Telkomsel mencatat terjadi peningkatan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13 persen jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Nataru tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen

Lalu video streaming sekira 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Dalam keterangan tertulisnya, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Nataru  di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi tumbuh 11,06 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta tumbuh 2,9 persen, Jawa Barat naik 2 persen, dan Sumatera Utara dan Aceh meningkat hingga 1,5 persen.

Baca juga ini :  Dari 9 Daerah di Kaltim yang Gelar Pilkada, 3 Daerah Belum Memfasilitasi APD Bawaslu

Selama momen Nataru, Telkomsel menegaskan komitmennya guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.