Selama PPKM Mikro PAD Pantai Manggar Berkurang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setelah Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan kembali mengizinkan seluruh objek wisata dibuka kembali seperti Pantai Segara Sari Manggar di Balikpapan Timur, imbas dari jumlah kasus Covid-19 yang turun dan semakin banyak pasien sembuh, membuat jumlah kunjungan ke pantai cukup ramai.

Kepala UPT Pantai Segara Sari Manggar Rusliansyah mengatakan, dibolehkanya pantai beroperasi dengan beberapa catatan. Selain pengurangan 50 persen, jam operasional juga hanya boleh selama 9 jam. Mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

“Dengan dibukanya kembali, kita harapkan pendapatan asli daerah mengalir lagi. Apalagi, masyarakat masih ada yang berkunjung ke pantai meski pantai saat itu ditutup,” ujar Rusliansyah saat dikonfirmasi awak media, Senin (15/3/2021).

Rusli menambahkan, pada akhir pekan lalu, sekitar 2000 pengunjung bertandang ke kawasan pantai Manggar, dengan pemasukan mencapai Rp 45 juta per hari. Padahal sebelumnya, ia menyebut PAD Pantai Manggar sempat anjlok.

“Biasanya dalam seminggu, pantai hanya bisa meraup pendapatan 10 persen dari nilai normalnya. Atau kurang lebih Rp 10 juta,” akunya.

Disebutkan dia, akhir pekan memang menjadi waktu dimana pengunjung lebih banyak dari hari biasa.

“Tapi dengan aturan tutup hari Minggu, otomatis pendapatan ikut turun. Apalagi biasanya di hari Minggu, pengunjung banyak dari luar kota kayak Samarinda dan Bontang,” urainya.

Selain itu, pada pembukaan pekan lalu, Rusli berujar pengetatan keamanan dilakukan oleh Satgas Covid-19. Baik dari kecamatan, kelurahan, tim gabungan SatPol PP dan Dinas Perhubungan, serta Pemkot Balikpapan.

“Semua Satgas Covid-19 turun datang ke sini memantau, sejak dibuka kemarin. Jadi benar-benar diawasi para pengunjung yang tidak patuh protokol kesehatan,” tutupnya.

Baca juga ini :  Balikpapan Ikuti Banjarmasim, Larang Penggunaan Kantong Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.