Sidak Komisi III DPRD Balikpapan Tinjau Pengupasan Lahan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com -Rombongan Komisi III DPRD Balikpapan dipimpin Ketua Komisi Alwi Al Qadri melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kompleks Perumahan Ciputra, Jalan MT Haryono, RT 08 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, pada Selasa (19/7/2022).

Sidak terkait terkait pengupasan lahan ini juga didampingi OPD terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Satpol PP,  Proyek Manajer Perumahan Ciputra Hendra Yoga, Camat Balikpapan Selatan serta Lurah Gunung Bahagia.

Ketua Komisi III Alwi Al Qadri meminta kepada pihak pengembang untuk memperlihatkan site plan pembangunan perumahan tersebut. Diantaranya izin mendirikan bangunan (IMB), pembangunan bendungan pengendali (bendali), tempat pemakaman umum (TPU) serta izin pengupasan lahan.

Alwi juga meminta kepada Satpol PP untuk menghentikan sementara aktivitas pembangunan di lokasi pembangunan perumahan tersebut sebelum perizinan tuntas. 

Selain itu, Ia juga meminta kepada pihak pengembang agar bendali terlebih dahulu dibangun. Kemudian bangunan fisik perumahan. 

“Akibatnya warga yang tinggal di sekitar terdampak banjir saat hujan deras,” ujar Alwi kepada awak media, pada Selasa (19/7/2022).

Menanggapi permintaan anggota dewan,  Projek Manajer Perumahan Ciputra Hendra Yoga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan pembangunan bendali sekitar 4 persen dari luas lahan yang dimiliki untuk pembangunan perumahan seluas 9,6 hektar. Begitu juga untuk TPU sudah disiapkan 2 persen dari luas lahan.

“Terkait perizinan kami telah mengajukan perubahan site plan,” terangnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Laporkan Jika Ada Rumah Sakit Pungut Biaya Pasien Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.