Aksi Cepat Tanggap / FC/ suara.com

Sita Dana Rp 3 Miliar, Kepolisian Masih Telusuri 77 7 Rekening ACT

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Penyidik Bareskrim Polri menyita dana yang tersimpang di sejumlah rekening sekinai Rp 3 miliar dalam kasus dugaan penyelewengan dana donasi Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Demikian disampaikan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah di Mabes Polri, Selasa (2/8/2022). Ia mengemukakan, beberapa rekening itu terafiliasi dengan Yayasan ACT.

“Data terbaru penyidik berhasil mengamankan atau blokir sejumlah dana yang tersita sebesar Rp3 miliar di beberapa rekening yayasan ACT,” kata Nurul dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Penyidik Bareskrim Polri juga menemukan uang senilai Rp5 miliar dari rekening yang terafiliasi dengan ACT. Uang dengan nominal tersebut masih dalam tahap penyitaan dan pemblokiran.

Kasus terus masih terus di dalami. Termasuk tengah mengusut sebanyak 843 rekening ACT lainnya. Hal itu dilakukan guna mengusut aliran dana dan pihak-pihak yang menerima.

“Penelusuran 843 rekening dari informasi PPATK terkait rekening 4 tersangka A, IK, HH, dan NIA yayasan ACT dan afiliasinya serta pihak lainnya,” papar Nurul.

Merujuk hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Sosial, ujar Nurul, penyidik juga akan mengusut 777 rekening ACT. Hal itu dilakukan guna memastikan rekening yang terdaftar atau tidak.

“Melakukan klarifikasi dan penelusuran 777 rekening yayasan ACT untuk mengetahui rekening mana yang terdaftar dan tidak terdaftar di Kemensos sebagai rekening resmi yayasan,” pungkas Nurul.

Sebelumnya, Polri menyebut ACT tidak hanya menilep uang donasi dari Boeing untuk korban kecelakaan Lion Air JT-610 sebesar Rp130 miliar. Tetapi juga, ikut menyunat uang donasi dari umat hingga Rp450 miliar.

Comments

comments

Baca juga ini :  Kecepatan Tinggi ABG Tewas Ditempat, Setelah Alami Laka Lantas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.