Sudah 10.399 Klaim Jaminan Hari Tua Dikeluarkan BPJS Ketenagakerjaan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pandemi Covid-19 memang tidak bisa dipungkiri berdampak pada beberapa sektor perekonomian, sehingga tidak sedikit perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Untuk klaim ke BPJS Ketenagakerjaan untuk sektor misalnya perkebunan dan tambang masih stabil, artinya tidak terlalu berdampak dengan adanya pandemi Covid-19,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Hazairin Hasan kepada media, Jumat (17/9/2021).

Beda hal dengan dengan sektor jasa seperti perhotelan, pariwisata sangat berdampak dengan adanya pandemi Covid-19, sehingha untuk klaim lebih tinggi teman-teman yanh ada disektor jasa.

“Terkait pelayanan klaim per hari bisa mencapai 40-60 peserta, mengingat BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan membawahi pelayanan untuk PPU dan Paser, cuma di Paser itu ada cabang pembantunya,” tutur Hazairin.

Dijelaskan Hazairin untuk klaim jaminan hari tua per Agustus 2021 ada 10.399 kasus dengan nilai Rp 149 miliar, untuk jaminan pensiun ada 652 kasus nilai klaim Rp 3,4 miliar, untuk klaim kecelakaan kerja ada 260 kasus senilai Rp 5,5 miliar dan yang klaim jaminan yang meninggal ada 247 kasus dengan nilai Rp 10 miliar.

“Kalau dibanding periode sebelumnya ada peningkatan klaim yang diajukan ke BPJS Ketenagakerjaan,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  10 Kota dan Kabupaten Masuk Zona Merah Covid-19, Tak Ada Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.