Syaiful : Pemuda Diminta Tingkatkan SDM Agar Mampu Bersaing di Pembangunan IKN

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Penunjukan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), cukup penting terutama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di Kota Balikpapan agar mampu bersaing dan tidak tersisihkan oleh pendatang. 

“Jangan sampai pemuda di Kota Balikpapan hanya menjadi penonton, banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia agar dapat bersaing,” ujar Asisten I Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Syaiful Bahri kepada media, Jumat (19/11/2021).

Kata Syaiful, Kota Balikpapan adalah salah satu penyangga IKN akan tetapi Balikpapan tidak mempunyai sumber daya alam (SDA) seperti Kabupaten atau daerah lain di wilayah Kaltim, tapi selaku para pemuda dapat berperan aktif dalam meningkatkan SDM. 

“Karena kedepannya siapa yang tidak mampu bersaing maka akan tersisih,” ungkapnya.
Oleh karenanya, banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan SDM dan diharapkan persaingan dapat ditunjukkan dengan meningkatkan SDM.

“Untuk terus meningkatkan produktivitas agar bisa bersaing menghadapi IKN di Kaltim,” terang Syaiful.

Dia mengatakan, dengan adanya para pemuda sebagai generasi penerus yang akan berkiprah di Pemerintahan maupun di berbagai organisasi adalah bagian yang harus didukung.

“Keberhasilan tidak lepas dari rekan sekalian terutama pemuda Balikpapan,” imbuhnya.

Tak lupa Dia menghimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) apalagi menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Natura) sebagai potensi meningkatnya  kasus Covid-19. 

“Mari kami bersama terus meningkatkan kedisiplinan dalam pencegahan Covid- 19, agar kami terus sehat,” tuturnya. 

Diketahui, Kantor Staf Presiden menekankan pemerintah tidak hanya menyiapkan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, melainkan juga menyiapkan pengembangan sumber daya manusia.

Hal itu disampaikan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro dalam acara KSP Mendengar di Balikpapan, Kalimantan Timur belum lama ini. 

Baca juga ini :  32 Peserta Pendidikan Dasar Satpam asal PPU Disambut Managemen PHKT dan Pemkab PPU

“Pembangunan tidak hanya infrastruktur, namun juga membangun dan mengembangkan SDM. Saat fasilitas IKN dibangun, kualitas SDM harus ditingkatkan,” ujar Juri.

Juri menyebut, pembangunan IKN akan mengakomodasi kepentingan masyarakat lokal, selain menjadi transformasi pembangunan.

Dia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan koordinasi serta sinkronisasi kementerian dan lembaga.

“Harus ada komunikasi lebih lanjut, untuk memonitor permasalahan lebih lanjut. Masih perlu adanya pendalaman data maupun fakta untuk mendalami permasalahan,” ucapnya menjelaskan.

Dia mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara adalah landasan kemajuan bangsa untuk menggeser orientasi pusat pertumbuhan. Terutama untuk menjadi Indonesia sentris demi keadilan dan kesejahteraan.

Menurutnya, IKN yang aman, modern, berkelanjutan, dan berketahanan, juga menjadi acuan bagi pembangunan dan penataan wilayah perkotaan seluruh Indonesia.

“IKN baru Indonesia terbangun dari infrastruktur dan konektivitas pintar,” pungkasnya. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.