Home / IniEKONOMI / Tahun 2015, Pertumbuhan Ekonomi Di Balikpapan Diproyeksi 3,98 Persen
Pintu gerbang Kota Balikpapan.(foto: dok-gk)

Tahun 2015, Pertumbuhan Ekonomi Di Balikpapan Diproyeksi 3,98 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com,—Dampak penurunan kinerja sektor pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur. Seperti kota Balikpapan misalnya pertumbuhan ekonomi dua tahun terakhir pertumbuhan ekonomi terus melambat meski tumbuh.

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2015 akan lebih rendah dari tahun 2014, bahkan lebih melambat dari tahun sebelumnya.

Dari data yang dihimpun Pemerintah kota Balikpapan pertumbuhan ekonomi tahun 2015 diproyeksi mencapai 3,98%. Proyeksi itu menurun dari realisasi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 yang mencapai 4,67%.

Sementara ditahun 2013 pertumbuhan ekonomi di Balikpapan cukup tinggi yakni mencapai 7,06%. Tahun itu diketahui dampak penurunan kinerja industri pertambahan belum dirasakan pelaku ekonomi. Dampak mulai dirasakan mulai tahun 2014 dan berlanjut di tahun 2015.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan Agus Budi Prasetyo mengakui laju pertumbuhan ekonomi Balikpapan mengalami perlambatan selama dua tahun terakhir.

Meski Balikpapan bukan daerah produksi tambang, namun kota ini juga turut berdampak pada lesunya industri pertambangan. Karena sektor pendukung juga ikut berdampak sehingga mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi kota Balikpapan.

“Seperti yang sudah diketahui, Balikpapan sangat terkena imbas penurunan kinerja sektor pertambangan batu bara. Sehingga, sektor pendukung pertambangan batu bara juga ikut terpengaruh,” jelas Agus belum lama ini.

Kendati demikian, Balikpapan tetap optimis tahun 2016 ekonomi kembali pulih. Dan pertumbuhan ekonomi akan tumbuh. Karena Balikpapan sebagai kota MICE yakni Meeting, Incentive, Conference and Exhibition diyakini menggairahkan ekonomi di Balikpapan.

Konsep kota MICE ini juga ditunjang dengan beragam fasilitas yang ada di kota Balikpapan seperti gedung pertemuan, hotel dan sebuah gedung kesenian seluas 12.800 Meter persegi juga melengkapi fasilitas di kota ini.

Tidak hanya itu proyek infrastruktur besar lain yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Balikpapan yakni kehadiran kawasan industri Kariangau yang dilengkapi dengan keberadaan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau.

Di tahun 2016, Balikpapan mengusung tema pembangunan dengan “Tahun Konsolidasi dan Perubahan, Tertib, Inovasi, Pelayanan Prima, dan Cinta Balikpapan.

Comments

comments

About

Check Also

Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Balikpapan Langsung Lantik PPS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tahapan pilkada serentak dipastikan akan mulai bergulir pada 15 Juni 2020. Pelantikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.