BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mulai tahun depan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan akan menaikkan insentif guru swasta dari PAUD, SD, SMP maupun MI dan MTs yang ada di Kota Balikpapan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan (Disdilbud) Kota Balikpapan Muhaimin usai pelaksanaan upacara HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional di Halaman Balai Kota, Kamis (25/11/2021)

“Insentif guru juga diberikan akan dinaikkan. Guru PAUD dari Rp 450 ribu menjadi Rp 750 ribu. Guru SD dan SMP dari Rp 500 ribu menjadi Rp 750 ribu,” ujar Muhaimin kepada media, Kamis (25/11/2021).

“Jadi insentif itu khusus untuk guru swasta. Kalau guru negeri kan sudah dapat gaji dan tunjangan,” tambah Muhaimin.

Menurut Muhaimin, selain itu juga ada program beasiswa bagi guru yang ada di Kota Balikpapan. Karena pendidikkan menjadi program prioriotas Pemkot kedepan yang telah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

“Artinya kedepan karena salah satu proritas Walikota Balikpapan yang baru ini di bidang pendidikkan, guru, tenaga pendidikan dan siswa mendapatkan prioritas bantuan dari pemerintah,” uja Muhaimin.

Lalu mulai tahun depan juga ada program baju sekolah gratis dari SD hingga SMP, siswa negeri dan swasta. Masing-masing siswa akan mendapatkan tiga pasang baju sekolah.

“Baju juga ada mulai SD kelas 1, SMP kelas 1, MI dan MTS kelas 1, masing-masing tiga pasang semua negeri swasta,” ujarnya.

Disamping itu lanjut Muhaimin, pihaknya juga  akan memberikan subsidi SPP mulai kelas 1 hingga 6 SD dan kelas 7 hingga 9 SMP. Termasuk MI dan MTs. Subsidi tersebut untuk satu tahun kedepan.

“SD dapat subsidi Rp 75 ribu per bulan selama satu tahun, kemudian SMP Rp 110 ribu per bulan selama satu tahun,” ujarnya.

Dia memastikan, semua alokasi anggaran untuk insentif guru swasta, seragam gratis maupun subsidi SPP telah dialokasikan.

“Sudah disetujui semua baik di DPRD Balikpapan untuk tahun depan untuk dianggarkan,” pungkas Muhaimin.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version