Faridah

Tahun Ini Sebanyak 20 Titik Banjir di Kerjakan, Termasuk Proyek Multiyeras dan BWS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tahun ini ada sekitar 20 titik banjir yang sedang dan akan dikerjakan atau dalam proses Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan total anggaran mencapai Rp 4,5 miliar.

“Untuk tahun anggaran 2022 untuk kegiatan normalisasi ada di 20 lokasi saat ini ada yang sedang berjalan, ada yang sedang proses di LPSE,” ujar Sub Koordinator Pembangunan dan Peningkatan Bidang SDA dan Drianase Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Faridah, Kamis (01/09/2022)

Dia berharap, nantinya bisa mengurangi sendimen yang menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Balikpapan. Sehingga fungsi sungai kembali normal menampung sesuai kapasitas debit air.

“Mudah-mudahan ini ada manfaatnya, artinya sungai-sungai yang sudah banyak sediimen dengan dilakukan normalisasi kapasitasnya (debit air)  bia lebih banyak atau fugsinya bisa seperti semula,” ujarnya

Selain itu juga ada proyek penanganan banjir melalui anggaran multiyears yang diantaranya di Pasar Segar dan saat ini tengah dikerjakan. Disitu air tersumbat sehingga kemudian sebabkan air meluap.

“Di Pasar segar salah satu titik Banjir, dilakukan bidang jalan perbaika, jadi kita minta sekalian diperbaiki saluran, karena disitu setelah dibongkar buntu, tuidak bisa mengalir ke saluran primer ampal, akhirnya meluap,” ujarnya

Selain itu juga untuk proyek multiyears penanganan banjir juga di sejumlah titik jalan MT Haryono diantaranya di Global Sport. Salah satu titik banjir yang dianggap sangat parah, kaena kendaraan sulit lewat.

“Ada perbaikkan gorong-gorong sekaligus gemometri jalan. Jadi harapannya air tidak tergenang di jalan, kendaraan bisa lewat. Titik di Hotel ke lampu merah lanjut sampai di Auto 2000. Lalu dari jembatan ke jalan Beler juga sampai ke Telkom,” ujarnya

Baca juga ini :  Mahasiswa dan Nelayan yang Unjuk Rasa Diminta Rapid Test

Disamping itu lanjutnya, ada juga proyek penanganan banjir yang di kerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Samarinda Kementerian Pekerjaan Umumdan Perumahan Rakyat (PUPR)

“Itu yang jembatan lama, bawah jembatan PDAMitu kan banyak bongkahan. Termasuk juga dibawah jembatan Zurich. Ini masih jalan pryek BWS dari jembatan PDAM ke arah Pasar Segar,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.