Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan yang menjadi rujukan covid-19

Tak Ingin Kecolongan, di Balikpapan Pasien dengan Penyakit Berat Wajib Rapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mulai pekan ini Pemerintah Kota Balikpapan mulai kebijakan baru yakni bagi pasien baru yang masuk rumah sakit dengan penyakit berat wajib dilakukan rapid test.

“Untuk pasien berat, baru kali kebijakan itu, kita minggu ini mulai diterapkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Jumat (01/05/2020).

Kebijakan itu diberlakukan sebagai langkah pencegahan penularan covid-19. Karena beberapa kejadian di rumah sakit sejumlah daerah yang kecolongan, pasien masuk dengan penyakit berat, ternyata telah tertular covid-19.

“Karena melihat juga banyaknya kecolongan-kecolongan dirumah sakit lain, mulai di (rumah sakit) Sardjito (Jogyakarta), di Samarinda juga,” ujarnya.

Dia tak ingin rumah sakit di Kota Balikpapan kecolongan, sehingga membahayakan para tenaga medis. Karena banyak pasien  dan keluarga yang tidak jujur dengan riwayatnya. “Mesti kita jaga di Balikpapan jangan kecolongan lebih,” tandasnya.

“Kecolongan itu ya gitu, kemarin kalau gak salah pasien dengan kanker itu kemudian suaminya positif, ibunya gak bilang dia masuk dengan kanker. Begitu kita tahu suaminya positif, kita cek ibunya, ibunya juga kena,” jelasnya.

Sehingga lanjutnya, untuk meningkatkan kewaspadaan semua pasien yang masuk rumah sakit dengan penyakit berat wajib dirapid test. Karena kini gejala covid-19 bukan hanya sesak nafas, batuk, pilek maupun demam.

“Jadi semuanya mesti rapid tes, untuk meningkatkan kewaspadaan karena ternyata gejala covbid tidak hanya batuk, pilek demam. Tetapi ada yang positif dengan gejala diare. Jadi muncul gejala-gejala klinis lainnya,”katanya.

Kebijakan itu juga disepakati semua rumah sakit, khususnya rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo yang merupakan rumah sakit utama rujukan covid-19. “Karena itu kita memang menyepakati,” tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Imbas Perubahan Zonasi Covid Dalam PPKM Mikro, Ada RT Masuk Zona Orange

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.