Tarif Tol Balikpapan- Samarinda Dipatok Rp. 1000 per Km


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Jalan tol pertama di Kalimantan akan diresmikan pada 17 Desember 2019. Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Balikpapan dan akan meresmikan langsung infrastruktur andalan di Ibu Kota Negara yang baru tersebut.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT Jasamarga Balikpapan Samarinda, Adik Supriatno mengatakan meski sudah dibuka untuk umum pasca peresmian, pihaknya belum membebankan tarif kepada pengendara. Pengendara dipersilakan untuk melakukan perjalanan luar kota melalui tol secara cuma-cuma. Tarif baru akan diberlakukan saat berdekatan dengan hari raya natal.

“Kemungkinan baru dikenakan tarif masuk saat mendekati natal sekitar tanggal 20 an. Kehadiran tol ini diharapkan mengurai kemacetan sekaligus memudahkan pengendara untuk tiba di tujuan lebih cepat,” kata Adik.

Adapun tarif yang dikenakan kepada pengendara pengguna tol Balsam adalah Rp. 1000 per Km. Saat ini, jalan tol yang siap digunakan sepanjang 66 Km. Sehingga pengendara yang menempuh perjalanan menggunakan tol sepanjang 66 Km, akan membayar tarif sebesar Rp. 66.000

“Sesuai hasil survei kita diawal, tarif pengguna jalan tol adalah Rp. 1000 per kilo meter. Adapun pembayarannya tidak menggunakan uangvtunai, tetapi uang elektronik. Ini sebagai dukungan kita terhadap program pemerintah dan mendukung Balikpapan sebagai kota Smart City,” kata Adik seraya tersenyum.

“Kami proyeksikan karena ini tol pertama di Kalimantan, penggunanya di kisaran 9.000 per hari. Dengan menggunakan jalan tol, perjalanan Balikpapan Samarinda yang tadinya tiga jam, bisa tembus hanya dengan satu jam,” ujarnya menambahkan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Capaian Vaksinasi di Balikpapan 56,6 Persen, Prioritaskan Pelajar dan Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.