Calon Jemaah Haji / Kemenag

Tiga Imbauan Kemenkes Bagi Jemaah Haji untuk Hindari dai Risiko Penyakit

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ditengah pandemi COVID-19, sebagian masyarakat Indonesia menjalani ibadah haji  tahun ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun menyampaikan imbauan kepada para jemaah agar dapat terhindar dari kemungkinan terkena risiko penyakit.

“Perlu kita ingatkan pada jemaah, bahwa tahun ini kita dihadapkan pada dua situasi, pertama pandemi belum selesai dan kedua suhu ekstrem panas,” ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, dr. Budi Sylvana

“Untuk itu Ada beberapa langkah yang perlu kita antisipasi, paling tidak ada 3 langkah pokok yang perlu diantsipasi jemaah,”

Tiga langkah antisipasi yang yang dimaksud pertama, pandemi belum selesai begitu juga penyakit menular lainnya, untuk itu para jemaah haji diminta tetap menerapkan protkes.

Kedua, terkait dengan suhu ektrem, para jemaah disarankan untuk menghindari paparan panas di luar gedung, selalu menggunakan APD seperti topi, sun block, kacamata hitam, sesering mungkin menyemprotkan tubuh dengan cairan yang diberikan, tidak menggunakan baju hitam atau gelap karena akan menyerap panas.

Ketiga, yang harus diantisaipasi adalah hindari kelelahan yang berlebihan. Untuk itu jemaah diminta fokus pada wajib hajinya yaitu pada arofah, muzdalifah dan armina.

“Silahkan melakukan aktivitas ibadah yang lainnya namun disesuaikan, jamaah punya cukup waktu untuk melakukan ibadah-ibadah sunah,” kata Budi.

 “Tentunya jangan lupakan hastag kita #jangantungguhaus, itu penting sekali untuk menghindari dehidarasi dan heat stroke.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Kapolda Kaltim Lepas Rombongan Off Road IKN Ke Tanjung Puting

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.