Tingkatkan Kompetensi Petugas Damkar di Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Menjadi garda terdepan dalam penanganan musibah kebakaran di Kota Balikpapan, petugas Damkar tentunya harus memiliki kemampuan dan kompetensi yang mempuni, sehingga harus dilatih dan menambah wawasan.

Kasubdit Peningkatan SDM Pemadam Kebakaran Kementrian Dalam Negeri RI, Purno Laksito mengatakan, kegiatan ini ditujukan kepada aparatur Damkar yang dibina BPBD Kota Balikpapan tujuan agar menyediakan aparatur damkar punya keterampilan dan keahlian salah satu bentuk percepatan sertifikas.

“Kalau kita hanya menggandalkan dari anggaran pemerintah pusat sangat terbatas, tapi ini Kota Balikpapan bisa melaksanakan sendiri dengan APBD Kotanya,” ujar Purno Laksito didampingi Kepala BPBD Kota Balikpapan Silvi Rahmadina saarlt diwawancarai media, Senin (25/7/2022).

“Total peserta 60 orang terdiri anggita BPBD petugas pemadam yang hasil akhirnya harus memiliki sertifikat,” akunya.

Kata Purno, serifikasi ini memang berjenjang, kalau jenjang lanjutan dari pemadam 1 diarahkan dalam kemampuan paling tidak penggunaan peralatan pemadam untuk dirinya sendiri.

“Untuk pemadam dua diberi keahlian terhadap penggunaan peralatan untuk diri sendiri juga memberikan pertolongan bagi orang lain dan penyelamatan di air,” jelasnya.

Harapannya kedepan untuk jenis skill keahlian untuk teknis damkar, termasuk inveksi gedung gedung tinggi dalam hal alat proteksinya.

“Sehingga bisa membentuk petugas damkar yang terlatih dan nemiliki skill yang baik saat di lapangan,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  70 Ribu Unit Usaha Akan Di Data Pada Sensus Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.