Kawasan Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.(foto: anang aciel)

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Balikpapan Bangun Wisata Politik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi Pemilihan umum Kota Balikpapan kini sedang menyiapkan Rumah Pemilu. Targetnya 2018 Rumah Pemilu tersebut, sudah bisa digunakan.

Menurutnya, Rumah Pemilu tersebut, nantinya bisa dijadikan wisata politik bagi pelajar atau mahasiswa termasuk masyarakat umum yang ingin tahu tentang politik maupun demokrasi.

“Nanti ini bisa jadi lokasi baru masyarakat berkunjung. Rumah pemilu ini didesain untuk pusat pendidikan pemilih tentang pemilu, demokrasi, tentang politik,” ujarnya.

Kata dia, keberadaan Rumah Pemilu tersebut, diharapkan dapat mendongkrak jumlah partisipasi pemilih daerah maupun nasional baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

“Jadi kita manfaatkan gedung yang ada, ada pemutaraan film tentang pemilu, tentang debat, ada pajangan kelengkapan penyelenggara pemilu kemudian ruang FGD,” terangnya

“Juga ada ruang simulasi. Jadi anak-anak dan pelajar kita nggak usah cape-cape kasih pelajaran PMP cukup datang ke KPUD nanti ada disitu,”

Saat ini kata Toha, pihaknya tengah melakukan pembenahan atau membersihkan gudang sebagai lokasi rumah pemilu.Karena umah Pemilu tersebut, lokasinya di Kantor KPUD Balikpapan.

“Kalau anggaran relatif. Kalau banyak kita jadikan bagus, buat dualah tapi kalau anggaranpas-pasan kita buat sederhana. Sudah mulai dari tahap pertama kita bersihkan gudang karena gudang kita penuh logistik,” imbuhnya.

Selain itu lanjutnya, sedikit demi sedikit perlengkapan untuk Rumah Pemilu tersebut, sudah mulai dilengkapi, termasuk inventarisir benda-benda sejarah tentang kepemiluan.

“Jadi hanya tinggal pembersihan gedung,” pungkasnya.

Baca juga ini :  Wagub Yakin Proyek Flyover Muara Rapak Bisa Terbangun Sebelum Masa Jabatan Habis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.