Perizinan
Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan, Boedi Liliono

Tingkatkan Pelayanan, DPMPTSP Gelar Forum Konsultasi Publik

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Untuk mengetahui sejauh mana pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat berjalan baik serta demi meningkatkan pelayanannya, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan melaksanakan Forum Konsultasi Publik, Selasa (20/9/2022).

Kepala DPMPTSP Boedi Liliono mengatakan, Forum konsultasi publik ini dilaksanakan untuk menjaring masukan dari masyarakat dan stakeholder terkait tentang pelayanan yang ada, bisa berupa saran untuk perbaikan.

“Apakah dengan adanya masukan akan ada perbaikan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, kalau pelayanan bagus masyarakat juga yang menikmati,” ujar Boedi Liliono kepada media, Selasa (20/9/2022).

Boedi menambahkan, dalam mal pelayanan publik setidaknya ada 25 pelayanan publik diantaranya samsat kementerian agama, bankaltim, BPPDRD. Baik dari tingkat kota, provinsi,BUMN dan BUMD.

“Mal pelayanan publik ini ada di gedung DPMPTSP, semua pelayanan ada disana,” kata Boedi.

Ke depan tidak hanya perizinan nanti juga masyarakat kedepan bisa konsultasi masalah kesehatan DPMPTSP akan menghadirkan dinas kesehatan disana dan dinas pendidikan juga bisa berkosultasi untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan muda.

“Pemerintah kota Balikpapan siap membenahi mengevaluasi, serta memperbaiki, meningkatkan kualitas layanan di masyarakat, pemerintah tentu tidak sempurna, pemerintah perlu masukan, perlu juga dikritik dan dibenahi,” tuturnya.

Sebelumnya, Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Balikpapan. 

Dalam kunjungan ini, Diah bermaksud untuk melihat perkembangan persiapan MPP menjelang grand launching MPP Balikpapan yang diperkirakan akan digelar pada tahun ini.

Dengan didampingi Kepala DPMPTSP Balikpapan, Boedi Liliono, Diah berharap hadirnya MPP di Balikpapan ini  dapat lebih memudahkan masyarakat Balikpapan terkait pengurusan perizinan maupun pelayanan publik lainnya.

Baca juga ini :  Ganjar Pranowo : Calon Presiden yang akan Diusung PDIP Hak Preogratif Megawati

“Keberadaan MPP di Balikpapan ini sudah sangat baik apabila dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Apalagi, MPP Balikpapan ini memiliki gedung sendiri yang cukup bagus,” kata Diah.

Dia pun membeberkan bahwa pihaknya juga turut memberikan masukan agar MPP dipoles sedikit agar lebih tampil menarik bagi masyarakat. 

“Ada masukan sedikit saja tadi. Sekiranya dapat lebih memanfaatkan space yang ada. Sebaiknya juga jangan diberi sekat-sekat antara counter instansi, karena MPP harus mengedepankan keterbukaan atau transparansi. Selain itu, mungkin juga coba ditambahi dengan kearifan lokal agar lebih menarik,” ujar Diah. 

Diketahui, hingga saat ini jumlah instansi pemerintah maupun swasta yang ikut bergabung di MPP Kota Balikpapan mencapai 23 tenant dengan melayanan lebih dari 80 jenis pelayanan. 

“Saat ini yang sudah tergabung ada Pegadaian, PDAM, Dishub, PLN, bahkan Balai Nikah juga ada. Semoga nanti dari Kepolisian maupun instansi pemerintahan lainnya dapat ikut bergabung di MPP ini,” pungkasnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.