TANJUNG Selor, Inibalikpapan.com – Anggota Satgas TMMD Ke 110 Kodim 0903/Tanjung Selor melaksanakan sosialisasi bela negara dalam rangka TMMD Ke 110 Kodim 0903/TSR Tahun 2021 kepada Siswa SMKN 1 Tanjung Palas. Ini merupakan bagian dari sasaran non fisik dalam program TMMD kali ini dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri bertempat di SMKN 1 Tanjung Palas, kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Rabu (10/3/2021).

Kapten Inf Yudi Gunawan Anggota Satgas TMMD Ke 110 Kodim 0903/TSR menyampaikan kepada siswa bahwa dalam rangka membangun dan mempertahankan semangat nasionlisme dalam kerangka kesadaran bela negara bagi setiap warga negara tidak mudah dengan keragaman budaya, agama, adat istiadat, ras, diperlukan Pancasila sebagai landasan atau idiologi negara yang dapat menyatukan keragaman bangsa Indonesia dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai alat membangun karakter bangsa yang memerlukan semangat kebangsaan dan memerlukan kesadaran setiap warga negara agar nilai-nilai Pancasila dapat terus tetanam dengan baik serta cerdas dalam menghadapi pengaruh globalisasi,” ungkapnya.

Hak dan kewajiban warga negara yaitu melakukan pembelaan negara sesuai yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 30 sebab tanpa adanya upaya kesadaran bela negara maka akan terancam kelangsungan hidup bangsa.

“Sehingga dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara maka diperlukan nilai dasar bela negara mencakup: cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan psikis dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” terangnya.

Ditempat terpisah Dandim 0903/Tsr Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, menyampaikan bahwa Implementasi dari wujud bela negara di lingkungan pendidikan antara lain menjadi contoh baik sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari – hari di masyarakat, senantiasa disiplin dalam memanfaatkan waktu didalam maupun diluar sekolah, memiliki prestasi yang membanggakan, menjaga kebersihan dan kerapian, menjaga ketertiban serta menjaga persatuan dan kesatuan di dalam maupun di luar sekolah, mentaati peraturan dan tata tertib sekolah, menghargai dan menghormati guru dan orang tua, serta memahami lambang dan simbol negara.

“Harapannya agar apa yang disosialisasikan bisa diserap dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa siswi SMKN 1 Tanjung Palas,” terangnya.

Bagikan Ini:

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version