BALIKPAPAN, IInibalikpapan.com — Keberadaan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) memiliki peranan penting dalam kemajuan perekonomian di Kalimantan Timur, khusus bagi kedua Kota tersebut. Hal ini mendapat respon baik dari berbagai pihak tak terkecuali dari DPRD Kota Balikpapan.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi mengatakan, keberdaan tol Balsam tak lepas dari kontribusi Gubernur Kaltim sebelumnya Awang Faroek Ishak yang berusaha agar di Pulau Kalimantan ada Tol, jadilah tol pertama di Kaltim yakni To Balsam.

“Kita bersyukur dengan adanya Tol Balsam ini yang dulunya waktu yang ditempuh dari Balikpapan menuju Samarinda menggunakan jalan Soekarno-Hatta ditempuh dengan durasi 3 jam, saat ini dengan adanya Tol Balsak hanya ditempuh dengan durasi 1,5 jam,” ujar Iwan Wahyudi, Selasa (7/9/2021).

Hal inilah yang membuat keberadaan Tol Balsam membuat efisien, efektif dalam kondisi saat ini yang tak memerlukan waktu berjam jam lagi, kedepannya tentu diharapkan Tol Balsam disempurnah lagi dengan penambahan berbagai fasilitas penunjang.

“Saya kira untuk akses jalannya, sebaiknya ada dibeberapa titik jalan di aspal, akses penerangan jalan ditambah,” akunya.

Meski begitu Iwan menilai adanya Tol Balsam sudah lebih baik dan aman, dalam mengatur hal kecepatan dalam berkendara dan tidak lagi perlu khwatir akan adanya pohon tumbang menutupi badan jalan.

“Hanya pada fasilitas rest area dilengkapi lagi dengan SPBU, dan juga kemudagan top up untuk kartu tol ketika akan digunakan masuk gerbang tol,” tutur politikus PPP ini.

Iwan menambahkan, berbagai masukan juga sempat diutarakan warga Balikpapan kepada dirinya yang juga anggota DPRD Balikpapan, salah satunya terkait harga tarif tol Balsam yang diharapkan bisa terjangkau dan akses jalan keluar dari tol Balsam yang perlu diperhatikan dan bagaimana jika UMKM dilibatkan untuk mengisi rest area.

“Salah satunya akses keluar Tol yang diperhatikan terutama pintu keluar dari Manggar yang seperti diketahui sebelum adanya jalan tol saja, jalan di Manggar itu kerap macet karena akses jalan yang sempit, belum lagi dengan adanya tol balsam, sehingga diharapkan jalan menuju pintu masuk Tol Balsam dari Manggar bisa dilebarkan,” jelasnya.

“Selain itu perlu diperbanyak lagi sosialisasinya ke warga, terutama biaya ketika melintasi Tol Balsam, karena tidak semua warga mengetahui nominal harganya,” tambah Iwan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda, Jinto Sirait mengatakan, sejak beroperasi seluruh seksi yang ada di Tol Balsam sejal 25 Agustus lalu, memang tingkat penggunaan kendaraan yang melintas di Tol Balsam cukup tinggi, untuk hari biasa Senin-Jumat rata rata kendaraan perhari bisa mencapai 3 ribu kendaraan yang melintas, sementara di akhir pekan kendaraan yang melintas bisa mencapai 5 ribi kendaraan.

“Masyarakat Kaltim sangat menunggu dan cukup antusias dengan keberadaan Tol Balsam ini, sehingga mulai banyak yang memanfaatkannya,” kata Jinto.

Dengan adanya Tol Balsam ini, diharapkan bisa menaikan pendapatan Jasamarga hingga 60 persen, sehingga untuk memenuhi target tersebut ada beberapa hal yang disiapkan oleh Jasamarga, salah satu strateginya yakni melayani masyarakat dengan baik, dan para pengguna tol bisa berkendara dengan nyaman, lancar dan aman.

“Yang penting bagaimana upaya kami agar pengguna Tol Balsam bisa aman dan nyaman saat melintas,” akunya.

Tak hanya itu berbagai fasilitas penunjang lainnya juga akan dilengkapi di Tol Balsam terutaka pada rest area yang cukup luas, seperti penambahan SPBU, pusat kuliner, dan menggandengan para pelaku UMKM untuk membuka usahanya di rest area.

“Kami juga setiap saat mengagendakan bisa bertemu dengan pelanggan agar bisa mendapat masukan dari warga terkait Jasamarga, sehingga bisa jadi bahan evaluasi kami agar kedepan bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan ke masyarakat,” tutup Jinto.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version