Kepala DP3AKB Kota Balikpapan Alwiati

Ubah Taman 3 Generasi Jadi Ramah Anak

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan berencana  menambah alat permainan anak di Taman Tiga Generasi Jalan Ruhui Rahayu, Kelurahan Sepinggan Bau, Balikpapan Selatan agar anak-anak  bermain dengan aman dan nyaman serta mengeksplorasi lingkungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan Alwiati mengatakan, saat ini peralatan untuk permainan anak sudah datang. Namun pihaknya masih menunggu kelengkapan yang lain, jika sudah lengkap nanti akan dipasang peralatan permainan anak tersebut.

“Jadi kita akan menambah permainan anak di Taman Tiga Generasi. Karena Taman Tiga Generasi masih kurang permainan anak. Jika sudah di tambah permainan kita akan mendapatkan standardisasi. Supaya sesuai  dengan standar dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bahwa taman ini ramah anak,”ujar Alwiati kepada media, Selasa (18/10/2022).

Ia menjelaskan, sesuai standar dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak taman itu, harus aman dan nyaman terhadap anak, selain ada permainan anak taman juga harus memberikan edukasi. Kebetulan Taman Tiga Generasi memiliki perpustakaan.

Menurutnya, meski nantinya ditambah permainan anak, namun fungsi dari Taman Tiga Generasi tidak akan diubah, tetap akan menjadi taman, tapi hanya menambah permainan anak, agar taman tersebut menjadi ramah anak. Sehingga aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak.

“Rencananya untuk tahun ini hanya Taman Tiga Generasi yang akan ditambah permainan anak, jadi kita berharap teman-teman media dapat mensosialisasikan. Agar para investor mau membuat seluruh taman yang ada di kota Balikpapan menjadi taman ramah anak,” terangnya.

“Kami sangat berharap peran serta seluruh elemen masyarakat, khususnya para investor. Jadi kita sudah menyiapkan tamannya, dan untuk peralatannya kita berharap dari para investor yang ada di kota Balikpapan,” tambahnya.

Baca juga ini :  Tersangka Pembakar Kantor Gubernur Kaltara Dilimpahkan ke Kejaksaan, Kecuali Marthin Billa

Kehadiran fasilitas publik Taman Tiga Generasi di Balikpapan menjadi alternatif pilihan masyarakat. Fasilitas publik dibangun sejak tahun 2013 lalu dan kini masyarakat sudah dapat menikmatinya bersama keluarga sebagai salah satu tempat hiburan masyarakat di saat sore hari maupun pagi hari.

Taman ini diberi nama taman tiga generasi karena terbagi tiga zona yakni zona A untuk pengunjung lanjut usia, zona B yang dikhususkan area bermain anak dan zona c untuk keluarga. Luas lahan Taman Tiga Generasi seluruhnya mencapai 1,5 hektare yang dibagi untuk setiap zona  sebanyak setengah hektar. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap sehingga masyarakat yang berkunjung merasa nyaman saat berkunjung.

Untuk datang ke taman tiga generasi ini juga tidak jauh dari Bandara Sepinggan Balikpapan. Waktu yang ditempuh hanya sekitar 5-10 menit dari Bandara sepinggan. 

Iwan salah satu pengunjung sengaja datang ke taman ini untuk berolahraga ringan dengan jalan jalan mengelilingi taman ini tanpa menggunakan alas kaki. “Jalan jalan tanpa alas kaki seperti sandal atau sepatu katanya sehat, makanya saya jalan jalan di taman ini yang ada terapi kakinya jalan berbatu,” paparnya.

Menurutnya, bermain di fasilitas publik terbuka sangat menyenangkan apalagi bawa keluarga ada arena bermain dan ongkos yang dikeluarkan juga tidak besar. 

Hal yang sama juga dikatakan Nadya. “Jalan jalan sore di ruang terbuka ini ongkosnya murah, sekaligus menikmati wifi gratis,” katanya.

Nadya tidak datang sendiri, namun dia ditemani beberapa temannya sambil mengisi kekosongan waktunya di saat sore hari. 

Sementara itu, pemerintah kota Balikpapan juga terus melakukan penambahan fasilitas dan perawatan di Taman Tiga generasi ini, agar Taman tiga generasi ini selalu bersih dan diminati pengunjung. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.