Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan saat Konfrensi Pers

Update 16 Maret 2021 : Turun Dratis Hanya 28 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasien terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab PCR maupun rapid tes antigen di Kota Balikpapan terus turun. Bahkan laporan Satgas Penanganan Covid-19 hanya 28 orang.

Ini menjadi yang terendah kasus positif harian di Kota Balikpapan dalam hampir setahun terakhir sejak pandemic covid-19. Sehingga Wali Kota Rizal Effendi bersyukur dengan terus menunrunnya kasus penularan covid-19

“Hari ini yang terkonfirmasi positif cukup kecil, 28 orang, Alhamdulilah,” ujar Rizal Effendi dalam Konfrensi Pers, Selasa (16/03).

Sementara pasien yang sembuh atau selesai isolasi mandiri juga cukup tinggi. Namun kasus kematian karena terpapar covid-19 masih sangat tinggi. Hal ini yang masih menjadi keprihatinan Satgas Penanganan Covid-19.

“Yang selesai isolasi mandiri dan sembuh 81 orang, cuma yang meninggal dunia masih 3 orang,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty merinci, dari 28 kasus positif baru itu, 16 kasus dengan riwayat suspek, 10 kasus riwayat tracing di masyarakat dan 2 kasus riwayat orang tanpa gejala (OTG).

“16 kasus riwayat gejala, 5 kasus diantaranya dari luar daerah, 10 kasus hasil tracing, 3 kasus diantaranya anak-anak,” ujarnya.

Sedangkan 81 pasien sembuh yakni 2 kasus dari RS Bhayangkara, 6 kasus dari Embarkasi Haji, 3 kasus dari RS Hermina, 6 kasus dari RS Kanujdoso Djatiwibowo, 8 kasus dari RS Pertamina, 2 kasus dari RS Tentara dan 53 kasus selesai isolasi mandiri.

“Ada 3 kasus meninggal dunia, laki-laki 56 tahun, laki-laki 65 tahun dan laki-laki usia 46 tahun,” ujarnya.

Secara kumulatif jumlah yang positif covid-19 sebanyak 14.391 kasus, sebanyak 256 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, sebanyak 693 pasien isolasi mandiri, sebanyak 12.923 pasien sembuh dan 519 orang jumlah meninggal.

Baca juga ini :  Satgas Monitoring Penerapan PPKM Skala Mikro di Sejumlah RT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.