Gangguan ginjal akut / ilustrasi / helodoc

Update Terbaru, Total 325 Kasus Guangguan Gagal Ginjal Akut, 178 Meninggal DUnia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kabar terbaru  total kasus gagal ginjal di Indonesia mencapai 325 kasus hingga 1 November 2022. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes Budi Gunadi Sadikin.

“Jadi data per kemarin, ada 325 kasus gagal ginjal akut di seluruh Indonesia,” ujar Budi Gunadi saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR dan BPOM di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Kasus tertinggi di DKI Jakarta dan sejumlah daerah lain, diantarany Sumatra Utara (Sumut) , Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga Bali.

“Kita bisa lihat ini adalah sebarannya. DKI Jakarta yang paling tinggi, kemudian Jabar, Jatim, dan Banten. Yang unik adalah Aceh, Sumbar, Bali. Ini yang unik,” ujar Budi

Dari total 325 kasus, Budi Gunadi menyebutkan, yang meninggal mencapai 178 atau 54 persen. “Ini sudah menurun dari kondisi sebelumnya yang sempat mencapai 64 persen,” kata Budi.

Pemerintah telah mendatangkan ratusan vial obat Antidotum (penawar) Fomepizole injeksi dari Singapura, Australia, Kanada, dan Jepang. Telah di dostribusi ke daerah.

“Sebanyak 146 vial sudah disebarkan ke 17 rumah sakit di 11 provinsi, sementara 100 vial disimpans ebagai stok di instalasi farmasi pusat,” ujar Juru Bicara Kemenkes Dr M Syahril

Rumah Sakit yang sudah mendapatkan distribusi Fomepizole yaitu RSUD Zainoel Abidin Aceh; RSUP Prof Dr. I.G.N.G. Ngoerah, Bali; RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta; RSAB Harapan Kita, RSUP Fatmawati, dan RSCM Jakarta;

RSUP Hasan Sadikin,  RSUD Dr. Hafiz dan RSU Hermina Mekarsari, Jawa Barat; RSUD Bangli dan RSUD Dr. Saiful Anwar, Jawa Timur; RSUD Dr. Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat; RSUD Kuala Pembuang,

Kalimantan Tengah; RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, Sulawesi Selatan; RSUP Dr. M Djamil, Sumatera Barat; RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan; dan RSUP H. Adam Malik, Sumatera Utara.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.