Home / iniFLASH / Usai Bertemu Kapolda Kaltim, Wali Kota Balikpapan Siap Terapkan New Normal dan Wajib Uji Swab Bagi Pendatang
Kota Balikpapan

Usai Bertemu Kapolda Kaltim, Wali Kota Balikpapan Siap Terapkan New Normal dan Wajib Uji Swab Bagi Pendatang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan mendapat sinyal positif dari Polda Kaltim terkait terencana penerapan new normal dalam beberapa hari kedepan.  Termasuk juga rencana wajib uji swab bagi pendatang dari luar Kaltim.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bertemua Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono membahas rencana penerapan new normal dan wajib uji swab bagi pendatang melalui bandara Sepinggan.

Rizal mengatakan, dalam pertemuan yang digelar di Mapolda Kaltim, Jumat (29/05), kepolisian bersama TNI akan mengawal semua kebijakan Pemerintah Daerah dalam pencegahan dan penganan covid-19. Termasuk melakukan sosialisasi secara massif.

“Kita mempersiapkannya dengan baik, dengan rapi, tidak terburu-buru, kemudian jajaran kepolisian dan TNI sudah siap mengawal, ketika harus dilakukan sosialisasi yang massif kepada masyarakat ,” ujar Rizal.

“Disamping itu saya juga melaporkan rencana kita melakukan pengawasan yang ketat di pintu masuk terutama bandara dan pelabuhan laut,” katanya.

Kata dia, masyarakat diminta tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ketika penerapan new normal. Karena ada kelonggaran pembatasan. Karena perekonomian, pendidikkan dan kebudayaan  kembali berjalan sepertia biasa.

“Mengingatkan masyarakat disaat-saat ada kelonggaran ada new normal ada pengurangan pembatasan kita meminta kepada masyarakat tetap waspada tetap menjalankan disiplin dalam hal menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

“Tidak boleh mengendur, tapi Pak Kapolda berpesan betul karena Balikpapan ini termasuk yang baik kompak dalam penanganannya karenanya yang pastinya kita berharap pasiennya,”

Dalam pertemuan itu, Rizal juga menuturkan, telah mematangkan rencana wajib uji swab bagi pendatang. Sebagai upaya untuk pencegahan penularan covid-19 dan wktunya akan segera diumumkan ketika telah siap.

“Sehingga nanti akan kita sampaikan ke masyarakat ke calon yang akan datang ke Balikpapan diluar KTP Kaltim. Supaya ketika kita sudah mengeluarkan kebijakan swab sudah tidak lagi kaget atau tergesa-gesa. Hari ini kita akan mematangkan pengumumannya,” tandasnya.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Polda Kaltim Berhasil Amankan Spesialis Pencuri Tali Kapal

Direktorat Polairud Polda Kaltim gelar Konferensi Pers terkait pengungkapan kasus pencurian tali kapal, yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.