Intake lama Waduk Manggar yang sudah tidak digunakan karena alami kebocoran pada 2014 lalu. (foto: andi)

Waduk Manggar Normal, PDAM Balikpapan Kejar Target 3 Ribu Sambungan Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketinggian debit air di Waduk Manggar yang relative normal membuat PDAM Kota Balikpapan kini mengenjot jumlah sambungan baru.

Pasalnya hingga akhir tahun PDAM menargetkan, minimal bisa mencapai 3 ribu sambungan baru. Karena hingga September jumlah sambungan baru sudah mencapai 2 ribu.

Dirut PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi mengaku, optimis target tersebut bisa tercapai. Khususnya melalui program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Kan targetnya kita masih ada waktu 3 bulan ini. Itu yang kita kejar terus, mudah-mudahan bisa tercapai,” ujar Haidir.

Saat ini kata Haidir, jumlah pelanggan PDAM sudah menembus 94 ribu sambungan. Sehingga dengan target hingga akhir tahun menambah 3 ribu sambungan, PDAM berharap juumlah pelanggan mencapai 97 ribu.

“Sejauh ini sambungan ini posisinya ada di 94.000. Targetnya mestinya nambah 3 ribu. Jadi 3000 itu dari program MBR ada 1000 sambungan, terus yang diluar MBR ada 2000 sambungan baru,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini pemasangan sambungan baru masih pada areal pemukiman penduduk yang relatif datar seperti di kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Kota.

Sedangkan sambungan baru di daerah Balikpapan Timur tidak terlalu banyak berkembang karena masih menunggu penyelesaian Waduk Teritip yang masih dalam tahap pembangunan.

Dia menambahkan, saat ini debit air Waduk Manggar di angka 7,45 meter. Kondisi curah hujan yang terjadi saat ini cukup memberikan pengaruh kenaikan sekitar 2 hingga 3 centimeter jika turun hujan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tahun Politik, ASN Balikpapan Dibekali UU ITE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.