Wali Kota Balikpapan Lepas 298 Atlet Kontingen Popda,  Beri Prestasi Terbaik

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Disela-sela kegiatan apel yang bertempat di halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melepas rombongan kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kaltim ke-16 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Paser, dari 10 sampai 29 Oktober 2022.

Wali Kota Balkpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pada Popda Kaltim yang dilaksanakan di Kabupaten Paser, Kota Balikpapan mrngirimkan 298 atlet dan 56 pelatih dan official.

“Semoga kontingen Kota Balikpapan dapat memberikan penampilan yang maksimal. Meraih prestai terbaik dan mengharumkan nama baik Kota Balikpapan,” ujar Rahmad Mas’ud, Senin (10/10/2022).

Kata Rahmad, Popda merupakan ajang kompeteisi olahraga bagi pelajar sehingga mampu membentuk karakter generasi muda yang kompetitif bersaing secara sehat dan junjung sportifitas, dengan para pelajar daerah lainnya.

“Popda juga jadi ajang pembinaan potensi atlet mudah yang dapat terus dikembangkan, sehingga memberikan kesempatan para pelajar untuk menjadi  atlet profesional,” kata Rahmad.

“Saya optimis kontingen Kota Balikpapan bisa jadi juara umum pada Popda kali ini, tapi ini harus didukung kerja keras dan tidak memandang remeh kompetitor,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, pada pelaksanaan Popda di Kabupaten Paser ini maka diharapkan Kontingen Kota Balikpapan bisa meraih juara umum dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan

“Dengan adanya Popda ini diharapkan bisa memberikan yang terbaik bagi Kota Balikpapa, serta atlet Popda kedepan bisa menjadi atlet yang propesional,apalagi Balikpapan mengikuti 20 cabang olahraga,” kata Ratih.

Untuk diketahui, Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI (16) Kaltim yang digelar di Kabupaten Paser, dipastikan pada 10-29 Oktober mendatang. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser memastikan kabar ini setelah lama ditunggu-tunggu  karena menunggu anggaran dari Pemprov Kaltim. 

Baca juga ini :  Update 18 Desember 2020 : Bertambah 43 Kasus Positif di Balikpapan, 1 Kasus Kematian

“Ada 21 cabang olahraga di Popda kali ini,” kata Muksin.

Dari keseluruhan cabang olahraga (cabor) itu, satu cabor akan dihelat di luar Paser. Yaitu senam akan dilaksanakan di gedung senam Palaran Kota Samarinda. Pasalnya, Kabupaten Paser belum memiliki venue sendiri. Belum ada peralatan yang mendukung. Sementara, jika peralatan tersebut dibawa ke Paser, risikonya lebih besar. 

Atlet pelajar yang bakal berlaga maksimal kelahiran 2005. Muksin menyebut, untuk lokasi pertandingan di antaranya lapangan futsal Africo, gedung serbaguna MAN IC, GOR Tapis, kolam renang PDAM serta Gedung Perempuan Berjaya. 

Muksin menuturkan, saat ini dukungan anggaran sebesar Rp 5 miliar dari Pemprov Kaltim. Anggaran itu diperuntukkan pada perlengkapan olahraga. Karena masih ada cabang olahraga yang masih membutuhkan perlengkapan dan peralatan olahraga.

“Tapi kekurangan tak semuanya dibeli, ada juga menyewa karena menyesuaikan ketersediaan anggaran,” sebutnya. 

Pemkab Paser  juga mengalokasikan dana Rp 2 miliar. Di antaranya diperuntukkan konsumsi atlet, medali dan suvenir. Semua sudah proses pengadaan. 

Penginapan untuk masing-masing kontingen daerah ditanggung panitia. Namun, hanya 17 kamar yang disiapkan untuk kontingen tiap kabupaten/kota peserta. 

“Kalau lebih dari 17 kamar itu maka harus menyewa sendiri,” tuturnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.