Wali Kota Ingatkan Pelayanan BPJS Agar Maksimal, Peringatan Family Day HKN

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Masih dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bersama dengan sejumlah stakeholder melaksanakan Family day insan kesehatan yang dilaksanakan di Komplek Balikpapan Tennis Stadium, pada Minggu (20/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Ketua TP PKK Balikpapan Hj Nurlena, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin didampingi istri, Pimpinan Rumah sakit, serta unsur tenaga kesehatan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan, apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah membantu dalam penanganan pandemi covid-19, walaupun sudah melandai protokol kesehatan (prokes) tidak bisa dilupakan.

“Menjadi komitmen kita bersama di peringatan HKN tetap berjanji dan membangun menjaga Kota Balikpapan di bidang kita masing-masing terkhusus di kesehatan,” ujar Rahmad Mas’ud dalam sambutannya.

Rahmad menambahkan, sesuai dengan visi dan misi, salah satu upaya pemkot yakni dengan program yang menggratiskan BPJS Kelas 3 bagi seluruh warga Kota Balikpapan. 

“Artinya tenaga kesehatan yang di rumah sakit, karena sudah gratis BPJS Kelas 3 pelayanannya jangan sampai tidak maksimal. Kami pesan jangan sampai ada perbedaan-perbedaan terkhusus pada warga yang menerima BPJS Kelas 3,” usulnya.

Sementara itu, Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, pada hari ini merupakan rangkaian utama peringatan HKN di Kota Balikpapan yang telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain upacara HKN, 10 seminar online, bakti sosial pemberdayaan masyarakat,  pemberian kaca mata, lomba-lomba yang dilaksanakan.

“Serta beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan berkat dukungan para sponsor yang terlibat,” kata Dio biasa Andi Sri Juliartay.

Dio mengatakan, pada peringatan hari kesehatan nasional (HKN) di Balikpapan selain melaksanakan upacara juga ada beberapa pemberian penghargaan diantaranya 5 tenaga kesehatan yang menerima penghargaan dari Presiden dan 1 kader posyandu.

Baca juga ini :  Buktikan Kehandalan Yamaha FreeGo, Kuat Libas Jalan Berkelok dan Tanjakan Tajam

“Kita beri penghargaan juga terhadap institusi TNI, Polri dan Binda Kaltim yang telah membantu percepatan penanganan Covid

Dio biasa disapa menambahkan, juga ada deklarasi 9 kelurahan yang dinyatakan sudah bebas dari prilaku buang air besar  sembarang atau Open Defecation Free (ODF) ini menjadi syarat untuk menjadi Kota sehat.

“Kesembilan kelurahan tersebut yakni, Manggar, Manggar Baru, Prapatan, Karang Rejo, Muara Rapak, Karang Joang, Marga Sari, Damai dan Damai Bahagia,” kata Dio.

Kemudian juga ada launching pemberian program vaksinasi anti kanker leher rahim pada remaja, yang mana Kementetian Kesehatan secara nasional vaksinasi tersebut akan diwajibkan kepada anak remaja dimulai dari kelas 5 SD. 

“Kita menyiapkan 283 remaja putri, yang akan mengikuti vaksinasi,” akunya.

Kasus kanker leher rahim pada usia produktif di Indonesia sangat disayangkan. Apalagi pada usia muda terkena kanker leher rahim yang menyebabkan kematian. Penanganan penyakit ini perioritas dan patut dicegah secara nasional.

“Selanjutnya peringatan HKN ini akan dirangkaikan dengan kunjungan ke Kantor Satgas Public Safety Center (PSC) 119, peresmian Puskesmas Karang Jati, dan Peresmian CT Scan Echo Cardio Graphy di RSUD Beriman Kota Balikpapan,” akunya.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya adalah melakukan ziarah ke makam para tenaga kesehatan yang gugur dalam perang melawan pandemi Covid-19 serta seminar dan webinar dengan tema Penyakit Tidak Menular (PTM) mulai awal hingga akhir bulan November 2022 ini.

“Secara serentak juga, di Balikpapan akan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dari kami insan kesehatan, yaitu pemeriksaan PTM tadi secara gratis,” imbuhnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.