Home / iniFLASH / Wali Kota Minta Media Berhati-hati Penggunaan Kata Pasien Sembuh Corona
Konfrensi Pers yang digelar di rumah dinas Wali Kota Balikpapan

Wali Kota Minta Media Berhati-hati Penggunaan Kata Pasien Sembuh Corona

BALIKPAPAN, Inibalikpapan. com– Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta media untuk berhati-hati dalam penggunaan kata sembuh pada pasien virus corona. Karena terjemahan masyarakat justru nanti bisa berbeda pengertiannya.

“Makanya hati-hati penggunaan kata sembuh, soalnya masyarakat kita ini terjemahannya bisa macam-macam. Saya mohon pengertian teman-teman wartawan,” pinta Rizal.

Jumat (03/04), Pemerintah Kota Balikpapan merilis tiga pasien yang sebelumnya positif virus corona, kini berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya (BBLKS) dinyatakan negatif.

Namun meski telah dinyatakan negatif, 3 pasien yakni 2 klaster Bogor dan 1 klaster Jakarta Selatan itu masih harus menjalani observasi selama sepekan di rumah observasi. Jika hasil pemeriksaan terakhirnya negatif, baru bisa dikatakan sembuh.

“Mereka kita perlukan lagi observasi lagi 1 minggu, kalau 1 minggu ini benar-benar negatif maka dia dalam kategori yang sembuh ,” ujarnya.

Karena kata Rizal, bisa saja ketika awalnya sudah dinyatakan negatif, namun ketika menjalani observasi sepekan justru berbeda. “Nanti kalau dibilang sembuh, tiba-tiba hasil tesnya yang terakhir observasinya dia kembali (positif),” katanya.

“Itulah kenapa kami menghindari dulu penggunaan kata-kata  sembuh,  jangan dulu menggunakan kata-kata sembuh . Saya mohon (hati-hati gunakan)  kata-kata sembuh ini, karena nanti bisa positif, bisa negatif .”tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 4 Juni 2020 : bertambah 5 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 13 Kasus Negatif

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan bertambah 5 kasus hingga menjadi 71 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.