Longsor
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud saat meninjau lokasi longsor/ Foto: BPBD Balikpapan

Wali Kota Tinjau Lokasi Longsor, Beberapa Titik Terendam Banjir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Minggu dini hari (9/10/2022) pukul 00.30 wita hingga pagi menyebabkan beberapa titik lokasi di Kota Balikpapan terendam banjir.

Dari laporan warga dan pantauan, beberapa lokasi banjir diantaranya RT 31 Graha Indah setinggi pinggan orang dewasa, Jalan Beller, Perumahan Griya Bukit Residen, Perumahan Tumaritis, Perumahan sosial Batu Ampar.

Curah hujan yang tinggi dan menimbulkan banjir, langsung direspon wali kota Balikpapan melakukan peninjauan ke lokasi.

Sekitar pukul 10.30 wita Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina meninjauan kejadian tanah longsor di RT 44 Gang Perdana KM.6.5. Hingga saat ini masih terjadi pergerakan tanah yg mengakibatkan 1 unit rumah dinding jebol.

Wali Kota juga meninjau pemukiman warga Rt 53 jalan Projakal belakang Ibnu Coyum. Di lokasi ini rumah warga sempat terendam hingga 50-60 centimeter akibat debit air di drainase lingkungan meluap.

” Kejadian tengah malam sampai jam 1 pagi surut. Itu ada bekas banjirnya,” kata Wahyudi usai ditinjau wali kota bersama Staf Ahli Haemusri, Kepala BPBD Silvia Ramadhina, Kepala PU Balikpapan Andi Yusri Ramli, Kadis Perkim Arfiansyah.

Sementara itu, Ilham warga Graha Indah mengaku banjir terjadi sejak dini hari air sudah mulai masuk ke dalam rumah, akibat saluran drainase yang sudah tidak mampu menampung air.

“Dari tadi malam sudah banjir, ini aja perabotan-perabotan yang berharga diungsikan ke tempat yang lebih tinggi,” akunya.

Imbas dari banjir ini, Ilham mengaku tidak tidur semalaman karena harus berjaga-jaga dan waspada, khawatir air akan semakin tambah naik.

“Kalau naik lagi, mau gak mau kami mengungsi yang lokasi lebih tinggi,” ujarnya.

Baca juga ini :  Gunung Merapi Terpantau Semburkan 10 Kali Guguran Lava

Lurah Graha Indah, Satrio mengatakan, untuk lokasi longsor pertama di RT 44 Graha Indah ada satu bangunan rusak ringan pemilik rumah atas nama Rais dengan 5 orang jiwa.

Untuk saat ini keluarga Rais mengungsi di rumah keluarganya di daerah taman sari,” ujar Satrio kepada inibalikpapan.com.

Satrio menambahkan, lokasi bangunan lainnya yang tertimbun sedikit longsoran dari belakang rumah pak rais, atas nama Suselo Saputro, yang mana kejadian longsor terjadi sekitar pukul 03.30 wita.

“Saat ini yang bersangkutan mengungsi di Km.10 tempat keluarganya,” akunya.

Sedangkan untuk banjir meliputi beberapa RT diantaranya RT01, RT02, RT03, RT04, RT21, RT31, RT33, RT53, dan RT36.

Menurutnya dari laporan Ketua RT setempat banjir terjadi mulai pukul 00.00 sampai pukul 01.30 wita, hal tersebut disebabkan hujan lebat dan kawasan yang berada dekat dengan aliran sungai.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.