Home / iniFLASH / Warga Mulai Potong Hewan Kurban Sabtu pagi, Wawali Potong Sapi Minggu di Rujab

Warga Mulai Potong Hewan Kurban Sabtu pagi, Wawali Potong Sapi Minggu di Rujab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Hari Idul Adha tepat pada 10 Dzulhijjah 1441 atau Jumat,  31 Juli 2020. Dengan terbatasnya waktu, banyak masjid-masjid di Balikpapan baru menggelar pemotongan hewan kurban, Sabtu pagi 1 Agustus.

Cuaca pagi ini cukup berawan meskipun menjelang subuh sempat diguyur gerimis. Namun sejak pukul 06.00 hingga pukul 09.00 wita, cuaca masih berawan dengan hembusan angin.  Cuaca cerah cukup mendukung kegiatan pemotongan hewan kurban Sabtu pagi.

Info BMKG Balikpapan di grup WA BMKG  memberikan peringatan dini cuaca Kalimantan Timur, 01 Agustus 2020 pukul.01:00 wita berpotensi terjadi Hujan Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pkl.01:30 WITA di Muara Jawa, Samboja, Balikpapan Timur, Tanjung Aru, Waru, dan dapat meluas ke seluruh wilayah Balikpapan, Anggana, Panajam, Long Kali, Long Ikis, Kuaro, Tanah Grogot, Pasir Balengkong, Batu Sopang, Muara Koman, Loa Janan, Sanga Sanga, dan sekitarnya.

Banyak masjid yang mulai pemotongan hewan kurban pada Sabtu pagi. Sedangkan wakil Wali Kota akan memotong di rumah Jabatan pada Minggu pagi (2/9/2020).

“Minggu kita potong di rumah jabatan, selama inikan di rumah putih,” ucap Wawali Rahmad Mas’ud.

Sementara di Masjid Agung At Taqwa yang juga memulai pemotongan hari Sabtu pagi, memotong 16 sapi dan 13 kambing. Pemotongan  dilakukan di halaman masjid dengan melibatkan puluhan tenaga pengurus dan masyarakat sekitar.

Tempat terpisah, proses pemotongan hewan kurban juga dilakukan di masjid sekitar rumah warga seperti  di masjid Al Hilal, masjid Muhayar dan musola Asakinah, Kelurahan Gunung Sari Ilir memotong 5 sapi, 7 kambing yang dimulai pukul 08.00 wita di halaman masjid.

Di Masjid Al Hilal terdapat 10 ekor sapi dan beberapa kambing kurban yang bergantian disembelih oleh panitia kurban.

“Insyaallah kita akan menyembelih 10 sapi dan 3 kambing dari masyarakat yang berkurban dengan kelompok,”ujar Ketua Masjid  AL Hilal M Iqbal saat pengumuman kepada jamaah.

Proses pemotongan ini tidak lepas dari perhatian anak-anak yang sejak pagi sudah berkumpul bersama teman-temannya. “ya tadi bangun langsung mandi mau lihat sapi kurban di Musola Assakinah dan Al Hilal,” ujar Aliev (11) warga Rt 30 Kelurahan GSI.

 

 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Pasar Baru Ditinggal Pedagang Mudik, Mall Baru Buka Oktober

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam beberapa bulan terakhir Pasar Baru rupanya banyak ditinggal pedagang. Karena kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.