YKI Balikpapan Gencarkan Pemeriksaan Iva Tes dan Papsmear

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Bertempat di Puskesmas Klandasan Ilir dilaksanakan kegiatan Iva tes dan papsmear yang dilaksanakan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Balikpapan, bersama Puskesmas Klandasan Ilir dan TP PKK Balikpapan, Sabtu (5/11/2022).

Ketua YKI Kota Balikpapan, Sri Soetantinah mengatakan, pada saat pandemi tidak bisa melaksanakan kegiatan secara maksimal, sehingga saat ini dikebut saat pandemi meredah, supaya iva test bisa terlaksana semaksimal mungkin.

“Bahwa keterbatasan waktu saat covid, sehingga baru kita kebut supaya target untuk iva test ini bisa terpenuhi sampai saat ini sudah sampai 1.000 pemeriksaan, kami masih melakukan sampai akhir tahun untuk pemeriksaan,” kata Sri Soetantinah.

Sri Soetantinah menambahkan, tujuan kita melaksanakan pemeriksaan ini, agar ibu-ibu perempuan di Balikpapan sehat bisa melakukan aktivitas, yang cukup prihatin kondisi beberapa waktu lalu saay iva test ada 47 orang dilakukan tes ada 21yang perlu pendalaman.

“Yang tidak disangka sangka, ada muncul seperti ini. Mudahan tidak ada permasalahan yang lebih serius,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Balikpapan, Hj Nurlena memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan hari ini, yang mana sebaiknya pengurus YKI dan TP PKK ikut melakukan pemeriksaan dirinya sebelum melangkah memberikan penyuluhan ke masyarakat. 

“Balikpapan ad sekian kasus kanker rahim, dengan adanya pemeriksan ini setidaknya bisa mendeteksi dini penyakit, jangan sampai kanker kita semakin parah,” akunya.

“Jika ada gejala menuju kanker reher rahim agar segera melakukan pemeriksaan di pusat kesehatan, mereka yang terdampak kanker ini rata-rata ekonomi rendah tidak mampu memeriksakan dirinya,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  99 Persen Mitra Driver Gojek Samarinda Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.