Yusri : Alokasi Penanganan Banjir Rp 20 Miliar Dari APBD Perubahan 2021

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan sudah mengalokasikan anggaran untuk penanganan banjir di Kota Balikpapan pada tahun 2021 ini. 

Kepala DPU Kota Balikpapan,  Andi Yusri Ramli mengatakan, untuk  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021, DPU Balikpapan telah melakukan proses pengadaan barang dan jasa untuk kegiatan penanganan banjir yang dilakukan secara Multi Years (tahun berjamak).

“Ditahun ini alokasi anggaran perubahan sebesar Rp 20 milyar,” ujar Andi Yusri Ramli kepada awak media, Rabu (10/11/2021).

Kata Yusri, penanganan banjir  merupakan salah satu visi misi Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud menjadi skala prioritas dalam program kerja walikota. Adapun anggaran yang telah disiapkan mulai tahun 2021-2023 sebesar Rp 150 milyar. Namun, pengerjaan dilakukan secara bertahap.

“Untuk konsultan kami adakan tahun ini, setelah itu kami masuk dalam pengadaan rekanannya. Ada Rp 20 milyar. Mudah-mudahan terserap dalam akhir tahun ini,” ungkapnya.

Sebenarnya tidak masalah walaupun pengerjaan tidak terserap dalam akhir tahun ini, karena penanganan banjir secara Multi Years ini sudah dianggarkan untuk tiga tahun. 

“Kami percepat supaya target bisa terselesaikan cepat juga,” serunya.

Yusri menyebutkan, alokasi Rp 20 milyar ini digunakan sebagai uang muka pengadaan dan rekanan. Kalau pengerjaan fisik dalam penanganan banjir ini akan dikerjakan mulai awal tahun 2022, sesuai kesepakatan pemerintah kota dengan legislatif.

“Kami kan mencermati proses pengadaan sekitar satu sampai dua bulan kecenderungan tahun ini di perubahan pengadaan dan rekanan tadi,” tuturnya. 

Sementara itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Balikpapan telah melakukan identifikasi terhadap saluran prioritas untuk penanganan banjir di Kota Minyak. Ada empat DAS yang perlu ditangani, yakni DAS Ampal, DAS Klandasan Kecil, DAS Sepinggan, dan DAS Batakan Manggar.

Baca juga ini :  Persekutuan Dayak Mantap Pilih Rahmad Thohari Pada Pilkada Balikpapan 2020

Dengan keperluan anggaran sebesar Rp 628,6 miliar. Khusus untuk DAS Ampal yang memiliki saluran terbanyak, sebanyak sembilan saluran memerlukan anggaran sebesar Rp 378,957 miliar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.