BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemkot Balikpapan akan menaikkan insentif bagi ustadz dan ustadzah serta memberikan beasiswa kepada tenaga pendidik di Kota Balikpapan.

 “Pada tahun 2022 insentif ustadz dan ustadzah telah diberikan sebesar Rp 320 ribu dengan jumlah penerima 2.378 orang dan tahun 2023 ini akan meningkat menjadi Rp 420 ribu dengan jumlah penerima kurang lebih 2.645 orang,” ujar Rahmad.

Sedangkan beasiswa bagi tenaga pendidik guru pada tahun 2022 telah disalurkan kepada 46 orang guru SD dan 18 orang guru SMP.

“Sementara di  2023 telah dialokasikan bantuan beasiswa kepada 40 oranf guru PAUD, 50 orang guru SD, dan 20 orang guru SMP dengan besaran beasiswa yang diterima yakni Rp 2,5 juta,” akunya.

Rahmad menambahkan, program pendidikan lainnya yakni pemberian beasiswa bagi siswa dari keluarga tidak mampu, pada 2022 Pemkot telah memberikan beasiswa bagi pelajar sebanyak 192 siswa untuk jenjang SD dan 350 siswa untuk jenjang SMP.

“Di 2023 ini kegiatan ini akan tetap dilanjutkan dengan sasaran pelajar SD sebanyak 220 siswa dan 400 siswa SMP, jumlah besaran yang diterima untuk siswa SD adalah Rp 450 ribu per orang, sedangkan siswa SMP sebesar Rp 750 ribu perorang,” imbuhnya.

Kedepan sebagai upaya untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat Kota Balikpapan, Pemkot Balikpapan akan menjalankan 6 prioritas utama di sektor pendidikan yakni pengelolaan dana bosda negeri dan swasta yang mencakup pemberian subsidi SPP bagi jenjang SD dan SMP, pembangunan unit SMP baru khususnya di Kecamatan Balikpapan Tengah dan Balikpapan Timur.

“Kemudian rehabilitasi dan perbaikan ruang kelas yang tersebar di 70 lokasi sekolah, pemberian bantuan perlengkapan seragam sekolah baik bagi siswa SD, SMP dan siswa kejar paket A dan B,” akunya.

“Penambahan ruang kelas baru yang tersebar di tujuh sekolah, pemberian beasiswa baik bagi siswa kurang mampu jenjang SD dan SMP, maupun bagi tenaga pendidik guru jenjang Paud,SD dan SMP,” sambungnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun Anggaran 2023 sebesar Rp866,76 miliar, untuk sarana dan prasaran bidang pendidikan di Kota Balikpapan.

Di mana, alokasi anggaran sebesar Rp 866,76 miliar tersebut secara proporsi 52 persen, akan di alokasikan untuk program prioritas dan 48 persen di alokasikan untuk pembiayaan operasional.

Adapun program prioritas tersebut meliputi pembangunan sekolah baru, pembangunan ruang kelas baru, rehabilitas c atau perbaikan sekolah dan ruang kelas.

Serta pengadaan perlengkapan pendidikan, yang didalamnya juga terdapat bantuan seragam sekolah untuk kelas 1 SD, kelas 7 SMP dan Pendidikan Kesetaraan Paket A dan Paket B.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version