BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Guna mengantisipasi adanya kerumunan warga jelang malam pergantian tahun baru 2021 dan sesuai dengan surat edaran Wali Kota Balikpapan terkait penutupan sejumlah tempat wisata dan hiburan masyarakat. Satlantas Polresta Balikpapan melakukan pengalihan arus malam tahun baru.

“Pengalihan arus ini juga untuk mendukung edaran walikota, kami mengacu pada tahun-tahun sebelumnya keramaian masyarakat terjadi banyak di fasilitas publik salah satunya di lapangan merdeka,” ujar Kasat lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono kepada awak media, Rabu sore (30/12/2020).

Irawam menambahkan untuk pengalihan arus ini akan berlaku di Jalan Jenderal Sudirman dimulai dari simpang Plaza Balikpapan hingga ke Lapangan Merdeka.

“Dari arah simpang plaza Balikpapan kita akan lakukan penutupan mulai pukul 20.00 wita sampai batas waktu yang situasional,” ujarnya.

Dimana pembukaan akses jalan melihat kondisi setelah waktu malam pergantian tahun, jika aktivitas warga masih ramai di jalan. Maka pengalihan arus akan terus dilakukan.

“Apabila kondusif dan normal kita buka kembali akses jalannya,” tuturnya.

Sebelum dilakukan pengalihan arus, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu ke warga Balikpapan, baik itu melalui media cetak, elektronil bahkan melalui media sosial.

“Untuk masyarakat yang akan menuju ke lapangan merdeka akan kami alihkan kecuali yang tinggal disekitaran wilayah Klandasan ini cukup tunjukan KTP nya ke petugas di wilayah penyekatan yang kami lakukan mulai dari simpang plaza sampai dengan lapangan merdeka,” jelasnya.

Adapun personel yang dilibatkan sebanyak 120 orang gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan dan dibantu Dirlantas Polda Kaltim untuk mengcover dibeberapa titik keramaian yang harus diantisipasi guna melakukan pemecahan arus atau mengimbau masyarakat yang masih ada dikerumunan untuk membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

“Selain itu petugas juga kami tempatkan dibeberapa pusat perbelanjaan terutama dalam mengatur arus lalulintas seperti di daerah stalkuda dan Balikpapan Baru,” ujarnya.

“Kami juga imbau masyarakat jika tidak ada aktivitas di luar pada malam tahun baru, agar mengikuti imbauan pemkot untuk di rumah saja,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version