BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Dinas Pendidikan kota selama tiga hari (11-13/7) mulai membuka pendafataran jalur umum pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Online)  tahun ajaran 2016-2017.

Kepala Disdik kota Muhaimin mengatakan mulai tahun iniDisdik menerapkan PPDB online satu putaran.

Dia menjelaskan PPDB online tahun ini hanya satu kali putaran. namun peserta yang tidak lolos di jalur umum dapat mencoba pada jalur BL atau gakin.

Sebelumnya pada tahun lalu terdapat dua kali putaran. “Kalau sekarang satu putaran tidak lolos ya masuk swasta. Jalur tetap sama yakni 11-13 Juli ini jalur umum, pengumamanya tanggal 14-15 sekaligus daftar ulang. Tanggal 16-18 jalur Bina lingkungan dengan  tanggal pengumuman dan daftar ulang pada tanggal 19-20 Juli,” terangnya.

Kemudian tanggal 21-22 untuk jalur Gakin, Prestasi dan luar kota dengan pengumuman dan daftar ulang dilakukan pada tanggal 23 Juli.

Muhaimin memperkirakan untuk hari ini pelaksanaan PPDB online  akan ramai selama tiga hari karena semua peserta akan mencoba jalur umum. “Karena semua bisa coba dijalur umum. Mereka ada hak sama. Kalau nanti tidak lolos di jalur umum mereka  bisa masuk ke jatah Gakin atau BL atau prestrasi. Masing-masing perserta bisa ikut tiga kali kegiatan PPDB online ini,” jelasnya

Dia optimis melalui jalur online ini upaya titipan atau jalur belakang oleh pihak yang mencari keuntungan dapat terminimalisir . “Insyaallah ini bisa dihindari. Kenapa juga dibuat satu putaran ya itu menghindari itu  kalau kemarin kan dua putaran yang tidak lulus ini masih gentayangan berusaha cari cara supaya  masuk nah tahun inikan hanya satu putaran kalau ngak lolos ya cari secepatnya cari swasta karena tanggal 25 Juli dimulai tahun ajaran baru jalur SMP, SMA dan SMK,” tandasnya.

“Sampai saat ini masih dibawah  kordinasi dinas pendidikan. Jaadi sudah kita sampaikan kepada semua kepala sekolah mereka harus melakukan sesuai perwali dan juknis,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version