BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah fokus memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuru akibat covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat menutup rangkaian Apresiasia Kresia Indonesia di Plaza Balikpapan, Selasa (30/11/2021).

Salah satunya, Sandiaga menjanjikan akan mengembangkan ekonomi kreatif di Kaltim yakni di Kota Balikpapan maupun Samarinda yang dinilainya memiliki potensi yang besar.

“Kita lihat produk-produk di Balikpapan maupun di Samarinda kita lihat luar biasa potensinya dan ini akan kita kembangkan dengan pelatihan, pendampingan dan PPKM,” ujarnya

Menurutnya,  selama ini sekitar 20 juta warga yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bahkan sektor-sektor tersebut, mampu menyerap tenaga kerja hingga enam kali lipat.

“Karena dari sektor-sektor yang ada di Indonesia, duania usaha, pariweisata dan ekonomi kreatif paling dampak dari tercipta lapangan kerjanya enam kali lipat,” ujarnya.

Khususnya Kaltim yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) sehingga akan menarik banyak investasi. Sehingga harapannya juga ada kawasan stratgeis pariwisaya nasional di Kaltim.

“Ini ada PR ke saya bahwa sudah tiga kali RPJMN kita belum ada (destinasi pariwisata di Kaltim yang diakomdasi), ini pesanan dari Gubernur, dari warga Balikpapan,” ujarnya

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version