Home / iniFLASH / Jembatan Pulau Balang Ditargetkan Rampung Akhir Tahun
Jembatan Pulau Balang

Jembatan Pulau Balang Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Pusat menargetkan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) rampung akhir tahun ini.

Jembatan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) itu saat ini progres konstruksi jembatan telah mencapai 67 persen dengan menelan anggaran mencapai Rp 1,3 triliun dari APBN.

Keberadaan jembatan sepanjang 804 meter yang berada di atas Teluk Balikpapan itu akan mempersingkat jarak tempuh kedua daerah yang biasanya menggunakan kapal feri sekitar 1 jam ataupun menggunakan speedboat maupun mkapal kelotok.

Selain itu, keberadaan jembatan yang juga disebut-sebut sebagai sebagai jembatan trans Kalimantan karena menghubungkan Kalimantan Timur (Kaltim) dengan Kalimantan Selatan itu (Kalsel) akan mengiatkan sector ekonomi khususnya PPU.

“Pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk mendorong perkembangan ekonomi di kawasan perkotaan dan kawasan maju lainnya, tetapi juga infrastruktur di kawasan yang sedang berkembang dan perbatasan untuk mengurangi disparitas sosial, ekonomi dan wilayah,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melalui siaran persnya,

Di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Marangkayu berkapasitas 12,4 juta m3. Bendungan ini dimanfaatkan untuk mengaliri lahan irigasi seluas 4.500 hektar dan sumber air baku 450 liter perdetik, tenaga listrik sebesar 1,4 MW.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Kurangi Pemanasan Global, Siswa dan Guru SMPN 4 Tenggarong Tanam Pohon

TENGGARONG, Inibalikpapan.com – SMP Negeri Tenggarong, bersama orangtua siswa melakukan penanaman pohon. Hal itu sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.