BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah kota Balikpapan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemenang Wali Kota Award 2023 bidang Pendidikan yang diumumkan pada Sabtu (14/10/2023) malam.

Pemenang Wali Kota Award 2023 untuk guru dan Tenaga kependidikan untuk kategori tingkat PAUD juara I diraih Dina Adesthy Njo Kepala Sekolah TK Happy Holly Kids Balikpapan, Kategori kepala Sekolah SD Juara I diperoleh Hj Iin Ratmayati SD 009 Balikpapan Utara.

Untuk Kategori kepala Sekolah SMP Juara I diperoleh Yunita Purnama Sari SMPIT Istiqomah Balikpapan. Sedangkan Juara I Wali Kota Award 2023 Bidang Pendidikan Kategori Pengawas dicapai Hj Rusniah Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

“Semoga semua usaha dan kerja keras saudara menjadi inspirasi bagi insan pendidikan yang lain,” ujar Sekda Muhaimin saat mewakili wali kota Balikpapan, Sabtu malam.

Pada wali kota Award 2023 ini, tiap kategori terdapat juara I, II dan juara III. Juara I mendapatkan hadiah Rp15 juta, juara II Rp10 juta dan jura III mendapatkan Rp5 juta.

Muhaimin melanjutkan bahwa pendidikan merupakan pondasi bangunan sebuah bangsa. Melalui pendidikan dapat mencetak SDM berkualitas sebagai pelaku utama pembangunan. oleh karena itu sebuah kota yang maju, sejahtera dan berbudidaya akan terwujud melalui sistem pendidikan yang kuat.

“Itulah mengapa pemerintah kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. pemerinta kota Balikpapan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan yang tercermin tinggi alokasi dana pendidikan untuk membangun sekolah, memberikan kesejahteraan pada guru serta menggratiskan biaya pendidikan dan mulai tahun lalu sampai sekarang pemerintah berikan tiga stel seragam gratis untuk SD, SMP dan keseteraan,” tandasnya.

Menurutnya berbicara pendidikan tidak lepas dari sosok guru. Guru berada garda terdepan dalam membentuk masa depan bangsa namun kami menyadari kenyataaan bahwa guru lebih banyak diberi aturan dibandingkan beri bantuan.

“Guru harus bantu murid yang alami ketertinggalan di kelas tetap disisi lain waktu bapak ibu tersita untuk mengerjakan tugas-tugas administrasi,” ucapnya.

Pada Wali Kota Award 2023 ini penilaian ditekankan pada kebaruaan, orisinalitas, digitalisasi literasi dan kebermanfaatan. Inovasi dan kebaruan adalah kunci keberhasilan pendidikan di era yang terus berubah.

“Karena itu pemerintah menghargai upaya-upaya inovatif yang telah dilakukan para pendidik kita,”ujarnya.

Selain itu pentingnya kriteria kebermanfaatan. Penghargaan wali kota award ini sangat bermanfaat dalam memberikan semangat tambahan kepada guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah agar memberikan dorongan lebih baik lagi untuk generasi penerus.

“Kita semua mengakui pentingnya literasi digital dalam dunia pendidikan. Literasi digital adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan di era saat ini,”tambahnya.

Diakhir sambutan Muhaimin berpesan dengan pentingnya sektor pendidikan, pemerintah kota Balikppaan berharap guru dan tenaga kependidikan terus mendukung komitmen pemerintah untuk terus memperbaiki infrastruktur pendidikan, kesejahteraan dan memfasilitasi perkembangan pendidikan berbasis teknologi.

“Karena itu pada malam ini dalam wali kota award 2023 bidang pendidikan saya ingin mengucapkan terimakasih yang tulus kepada pahlawan pendidikan, terimakasih atas pengorbanan, kerjakeras dan komitmen saudara tunjukan setiap hari. Saya juga ingin mengajak semua pihak, orangtua, komunitas dan segenap warga Balikpapan untuk bersama-sama mendukung jalannya pendidikan. Mari kita berperan aktif dalam mendidik generasi mdua karena pendidikan tanggungjawab kita bersama,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version