BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com Dinas Kesehatan Kota Balikpapan akan melakukan imunisasi polio selama sepekan kepada 55.962 Balita di Kota Balikpapan.

Puluhan ribu balita ini akan menjadi sasaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016, yang akan dilaksanakan serentak mulai Selasa besok (8/3) hingga 15 Maret 2016. Seremoni kegiatan dilakukan di kawasan Markoni Pasar Baru, samping Hotel Aston

“Kegiatan ini akan dilaksanakan di 1.283 POS PIN mulai dari posyandu, puskesmas,rumah sakit, hingga tempat-tempat umum,” kata Esther Vonny, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan,(7/3/2016).

Menurutnya imunisasi ini diberikan kepada para balita guna mendapatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit polio yang mengakibatkan kelumpuhan secara permanen bagi penderitanya.

“Prosesnya (imunisasi-Red) dilakukan dengan memberikan cairan vaksin polio kepada para balita sebanyak 2 tetes yang diberikan melalui mulut,” jelasnya.

Vonny mengatakan kegiatan PIN Polio 2016 penting dilakukan oleh Kota Balikpapan mengingat kota ini merupakan pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi penyebaran berbagai macam virus.

“Virus-virus penyakit berbahaya dikhawatirkan akan masuk ke kota ini dari para pendatang melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan maupun Pelabuhan Semayang Balikpapan sehingga dibutuhkan pencegahan,” katanya.

Dalam kegiatan pemberantasan virus polio liar (Eradiksi Polio-Red), selain menguatkan sistem pelayanan imunisasi, Kota Balikpapan juga telah melakukan sistem pelaporan Zero Report melalui laporan mingguan wabah (W2). “Adapun dalam laporan tersebut, cakupan laporan masuk sebesar 100%, cakupan ketepatan waktu 98,61%, penemuan kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau lumpuh layu mendadak selalu ada setiap tahunnya,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan program imunisasi, seluruh kelurahan di Kota Balikpapan telah mencapai kelurahan Universal Child Immunization (UCI) dalam waktu 2 tahun terakhir. Artinya seluruh kelurahan telah mencapai target cakupan imunisasi seluruh antigen.

Untuk cakupan imunisasi polio tahun 2014 telah menyasar 11.216 bayi (100%) dan pada tahun 2015 sebanyak 12.495 bayi (99,9%).

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version