BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi II DPRD Kota Balikpapan mendesak Pemerintah Kota menertibkan PLK di Pasar Pandansari yang menyebabkan kemacetan dan  pasar terlihat semrawut karena berjualan di trotoar ataupun bahu jalan.

Para wakil rakyat bahkan meminta Pemerintah Kota agar membangun Pos Khusus di Pasar Pandansari agar Dinas Pasar bersama Satuan Polisi Pamong Praja dibantu Koramil maupun Polsek Balikpapan Barat bisa secara continue untuk mengawasi PKL.

“Laporan Pol PP sejak tiga hari lalu mulai ditertibkan. Artinya ada tindaklanjut dan itu kami anjurkan kepada Pol PP pengawasan jangan hanya ada waktu teguran dari DPRD tapi secara kontinuitas harus dilakukan,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan Abdul Yajid.

“Kami usulkan bangun pos karena pengawasan harus melekat dan terus menerus. Saya yakin kalau rutin pengawasan ini pedagang akan paham. Bahwa disitu sudah diberi kesempatan, jam 7 pagi harus bersih, tertib,” kata Yajid saat rapat dengar pendapat (RDP).

Selama ini kata dia, Pemerintah Kota dianggap kurang tegas selama ini, sehingga kondisi Pasar Pandansari yang terlihat semrawut sudah berlangsung lama.

“Untuk mengambil langkah-langkah penertiban karena didalam pasar juga kurang tertib,” ujarnya.

Pasar pandasari selama ini kerap menjadi pusat perhatian dalam hal ketertiban dan kebersihan pasar. Bahkan pasar ini yang menjadi ikon pasar namun problem yang dihadapi dari waktu ke waktu selalu sama dan berulang.

“PKL yang jualan diluar pasar aturan dari jam 17.00 sampai jam 7 pagi. Diluar itu harus bersih. Mohon ini diawasi bersama agar ketertiban bisa kita rasakan bersama,” katanya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Freddy Pasaribu mengakui sejak tiga hari terakhir ini pihaknya terus melakukan penertiban dan pengawasan. Hal ini agar fasum yang ada dapat terpelihara dan sesuai peruntukannya.

“Kemarin itu ada 58 KTP pedagang yang kita tertibkan mereka kena tipiring. Hari ini (Selasa) juga kita tertibkan lagi tapi belum tahu berapa jumlahnya,” sebutnya.

Diakuinya ada permintaan DPRD untuk melakukan intensitas pengawasan bagi PKL Pandansari.”Sudah beberapa kali kita lakukan itu. Kemarin, hari ini juga dan besok bagaimana kita ingin wilayah itu tertib,”tandasnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version