Kadis Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman

Arzaedi : Awal Februari Harga Minyak Goreng Mulai Terapkan Satu Harga

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Pusat telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 06 tahun 2022, tentang penerapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit.

Untuk itu Dinas Perdagangan (Disdag)  Kota Balikpapan meminta para penjual mulai dari agen dan pengecer agar mulai memberlakukan harga sesuai peraturan tersebut mulai, Selasa (1/2/2022).

Kepala Disdag Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman mengatakan, di Balikpapan rata-rata pedagang sudah menjual minyak goreng premium dengan harga Rp 14 ribu dan di pasar rakyat yang ada di Kota Balikpapan sudah sebagian ada yang menjual dengan harga tersebut. 

“Di pasar sudah menjual Rp 14 ribu untuk minyak goreng, maka kami minta kepada masyarakat agar berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu menyetok minyak goreng di rumah, karena persedian kita cukup,” ujar Arzaedi Rachman saat dikonfirmasi Inibalikpapan.com, Selasa (1/2/2022).

Kata Arzaedi, sedangkan untuk minyak goreng curah harganya Rp 11.500 dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 juga menjadi pantauan dinas perdagangan dengan tujuan agar menjual minyak goreng kepada konsumen sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan nomor 06 tahun 2022 tertanggal 26 Januari 2022 tentang harga eceran tertinggi minyak goreng sawit.

“Bahkan menurut pantauan kami di pasar rakyat di kota Balikpapan lah yang tercepat sudah menjual minyak goreng kemasan premiun dengan harga Rp 14 ribu sejak 26 Januari 2022, walapun masih sebagian pedagang sesuai dengan kecepatan dan ketepatan para distributor untuk melakukan repaksinya,” imbuhnya  

“Mengingat koordinasi kami ke para distributor sangat intens dalam dua minggu terakhir ini sejak ditetapkannya oleh pemerintah dalam hal ini kementerian perdagangan untuk harga minyak goreng kemasan premium dengan harga Rp 14 ribi baik secara offline maupun whatsapp,” jelasnya. 

Baca juga ini :  Murid SD di Balikpapan Terpapar Covid, Sekolah Diliburkan Lima Hari

Adapun merek-merek minyak goreng yang sudah menerapkan Rp 14 ribu di pasar rakyat milik pemerintah kota yakni Tropical, Fitri, Hemart, Sinai, Freshwil, Fortune, Rosebrand, Kamila, Siip dan Sovia.

“Kami juga sudah menginformasikan ke distributor, agar mereka sudah mensupplay ke pedagang untuk distribusi dengan satu harga, yang nilainya dibawah Rp 14 ribu,” akunya. 

“Sehingga nanti pedagang harusnya sudah menjual dengan harga Rp 14 ribu,” tukas Arzaedi.  

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.