BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan membentuk Forum Kewaspadaan Dini. Forum Kewaspadaan Dini tersebut bahkan telah dikukuhkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (21/10) pagi.

“Jadi Forum Kewaspadaan Dini ini lembaga masyarakat dari berbagai unsur yang membantu kepada pemerintah menyangkut keamanan di masyarakat,” ujar Rizal

Dia mengatakan, Forum Kewaspadaan Dini akan bertugas untuk membantu Pemerintah Kota Balikpapan dalam mendeteksi dan menganalisasi segala potensi yang bisa terjadi di masyarakat, mulai dari gesekan etnis, agama maupun lainnya.

“Mendeteksi secara dini apa saja yang bisa menganggu ketertiban dan keamanan di masyarakat. Dan apa saja langkah yang harus kita lakukan,” ujarnya

“Sehingga kalau bisa kita cegah lebih dini  dan tidak terjadi, kalau pun terjadi tidak membesar, bisa merugikan kita semua,”

Rizal mengungkapkan, nantinya Forum Kewaspadaan Dini tersebut, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan, kepolisian maupun TNI. Termasuk tokoh masyarakat.

“Nanti mereka bersinergi dengan kecamatan dengan babinsa  dengan linmas, dengan koramil , dengan polsek, masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

“Saya kira ini kekuatan yang sangat membantu kita untuk menjaga ketenangan di masyarakat. Mereka bisa membuat analisis, lalu mereka menyampaikan kepada pemerintah.”

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version