Sosialisasi Balikpapan Single Window

Balikpapan Single Window Layanan Terpadu, Transparan, Cepat dan 24 Jam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan mengintegrasikan seluruh pelayanan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dalam satu aplikasi Balikpapan SIngle Window.

“Kedepannya kita berharap semua aplikasi yang ada akan kita gabungkan dalam satu portal layanan publik’atau kita sebut namanya Balikpapan Single Window,” ujarKepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan Adamin Siregar di Balai Kota, Selasa (11/10/2022)

Dia mengatakan, dengan aplikasi Balikpapan Single Window maka pelayanan akan lebih transpran, cepat dan dapat di selama akses 24jam. Tidak terbatas hanya saat jam kerja pegawai.

“Tentunya dengan adanya Balikpapan single Window masyaakat bisa mendapatkan layanan yang lebih transparan, mendapatkan layanan yang terbuka, lebih cepat,” ujarnya

“Hal ini juga perlu dilakukan perubahan terkait dengan standar mininimal. Karena kalau kita lihat terkait dengan aplikasi ini pasti bisa diakses dalam waktu 24 jam,”

Menurutnya, meski jam kerja pegawai hanya hingga pukul 16.30 WITA. Namun aplikasi Balikpapan Window Single tetap bisa melayani masyarakat. Sehingga tak bergantung jam kerja pegawai

“Kalau kita lihat di jam waktu kerja Pemerintah Kota Balikpapan Senin – Jumat itu bisa sampai jam 16.00 atau 16.30. Tapi aplikasi bisa menerima layanan diluar jam itu. Bahkan malam juga bisa.

Hanya saja kata dia, nantinya akan ada penyesuaian terkait standar operasional prosedur (SOP). “Dalam hal ini perlu juga dilakukan perubahan-perubahan terkait dengan SOP nya,” ujarnya.

Kata dia, saat ini yang telah terintegrasi dengan Balikpapan Single Window yakni Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Ketenagakerja (Disnaker) dan Kelurahan, total 27 pelayanan.

“Dari aplikasi Balikpapan Singe Window nantinya semua layanan yang ada di Pemkot bisa di dapatkan dari cukup dengan satu gengamman dari Balikpapan Singe Window,” ujarnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.